Menu

Wajib Dihindari, 7 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Bisa Ganggu Kesehatan Lho!

29 Oktober 2020 19:15 WIB

Ilustrasi wanita sedang tidur. (Unsplash/Damir Spanic)

HerStory, Jakarta —

Mendapatkan tidur yang berkualitas, tentu berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkannya, kamu pun harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru mengganggu kualitas tidurmu. Tanpa disadari, kebiasan buruk itu kerap kamu lakukan meski sudah lelah beraktivitas seharian.

Seperti yang Beauty tahu, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sedikitnya 8 jam setiap malamnya. Mendapatkan waktu tidur yang cukup dapat mempengaruhi kesehatan, mood, hingga berat badan lho, Beauty.

Lalu, apa saja ya kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari sebelum tidur? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/10/2020), berikut tujuh di antaranya.

Minum alkohol

Menurut penelitian pada Jnuari 2015 silam di Universitas Malbourne, minum alkohol memang membuat tidur lebih cepat. Tetapi kemudian, secara signifikan hal ini akan menggangu dan mengubah kualitas tidurmu lho

Maka dari itu, jangan minum alkohol sebelum tidur ya, Beauty. Selain berdampak pada kualitas tidur, mengonsumsi alkohol juga enggak baik untuk kesehatan.

Minum kafein

Selain itu, kamu juga enggak boleh minum kopi atau minuman kafein lainnya sebelum tidur, Beauty. Sebuah penelitian di University of Colorado di Boulder, minum kopi tiga jam sebelum tidur menyebabkan tidur tertunda sekitar 40 menit.

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan, seseorang harus menghentikan minum kopi ata teh enam jam sebelum mereka tidur.

Meletakkan ponsel di samping tempat tidur

Enggak sedikit di antaramu tentu sering melakukan kebiasaan ini, Beauty. Mulai malam ini jangan dilakukan lagi yuk!

Meletakkan ponsel di samping tempat tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, meletakkan ponsel di samping tempat tidur dapat meningkatkan paparan radiasi. 

Di mana, paparan radiasi ini dapat menyebar ke seluruh tubuh dan memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan.

Cek sosmed

Sosmed itu bikin candu, apalagi kalau mau tidur, benar enggak Beauty? Biar tidur lebih berkualitas, ada baiknya jangan main sosmed sebelum istirahat ya, Beauty.

Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran di Universitas Pitthburg mengatakan, orang dengan usia muda yang menghabiskan waktu di media sosial, dua kali lebih mungkin mengalami gangguan tidur.

Enggak melepas bra

Kebiasaan enggak melepas bra sebelum tidur juga banyak dilakukan oleh wanita. Memakai bra saat tidur dapat menghambat sirkulasi pada tubuh. 

Kebiasaan enggak melepas bra sebelum tidur juga bisa menyebabkan iritasi kulit, munculnya jamur di sekitar payudara, dan parahnya lagi bisa keguguran bagi wanita hamil.

Makan snack dengan kandungan gula yang tinggi

Buat kamu yang enggak mau berat badan bertambah, hindari makan snack dengan kandungan gula yang tinggi sebelum tidur ya, Beauty.

Makan makanan manis sebelum tidur hanya berdampak buruk bagi kesehatan dan menjadi penyebab utama berat badan cepat bertambah.

Enggak mematikan lampu

Terakhir ialah dengan membiarkan lampu menyala saat tidur juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Tidur dalam keadaan lampu menyala dapat mengurangi melatolin tubuh.

Melatolin ini merupakan hormon yang membantumu agar bisa tidur dengan lelap. Kalau melatolinmu berkurang, kamu pun sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

Nah Beauty, itu tadi 7 hal yang perlu kamu hindari sebelum tidur. Semoga tidurmu nyenyak malam ini!