Menu

Cek, Ini 5 Efek Mengejutkan Diabetes pada Penglihatan, Please Jangan Disepelekan!

14 Oktober 2022 15:28 WIB

Ilustrasi Diabetes (Pixabay/Tumisu)

HerStory, Bogor —

Beauty, diabetes perlahan menjadi salah satu penyebab utama kebutaan di beberapa negara, karena penderitanya rentan terhadap komplikasi diabetes yang berhubungan dengan organ tubuh yang berbeda seperti mata, ginjal dan sistem saraf.

Diabetes mengacu pada penyakit metabolisme kompleks yang mengurangi kekuatan pankreas untuk memproduksi insulin, yang mengakibatkan kadar gula darah berlebih.

Pembuluh darah yang sangat kecil di bagian belakang matamu juga dapat menjadi rusak seiring waktu oleh kadar gula darah yang tinggi, lho Beauty. Kebocoran cairan pembuluh darah menyebabkan peradangan, tekanan tinggi, dan masalah lainnya.

Apa penyebab gangguan penglihatan pada penderita diabetes?

Menurut Prof. Dr Mahipal Singh Sachdev, Ketua dan Direktur Pelaksana Center For Sight, diabetic retinopathy terjadi ketika tekanan darah tinggi akibat diabetes mempengaruhi retina dan merusaknya. Pembuluh darah yang rusak cenderung membengkak dan bocor yang dapat menyebabkan penglihatan kabur bagi pasien.

"Aliran darah berhenti dan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, pembuluh darah lain tumbuh tetapi tidak normal dan dapat menyebabkan masalah penglihatan lebih lanjut di kedua mata,” kata Prof. Dr Mahipal Singh Sachdev.

Dan dikutip dari Times of India, Jumat (14/10/2022), berikut adalah 5 penyakit mata tertentu yang rentan dialami oleh penderita diabetes:

1. Katarak

Meskipun siapa pun dapat mengalami masalah katarak, penderita diabetes cenderung mendapatkannya lebih awal dan lebih cepat memburuk. Dengan meningkatnya prevalensi diabetes mellitus, kasus katarak meningkat.

2. Glaukoma

Saraf atau pembuluh darah yang rusak menyebabkan perubahan penglihatan dan alasan untuk membangun tekanan di mata yang menyebabkan cairan tidak dapat mengalir seperti seharusnya. 

3. Retinopati diabetik

Jika kamu memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, kamu mungkin mengalami penyakit mata ini. Ini disebabkan oleh kerusakan pada retina, komponen penting mata untuk penglihatan.

4. Edema Makula

Ini biasanya terjadi bersamaan dengan retinopati diabetik. Tonjolan kecil di dinding pembuluh darah dapat menyebabkan cairan atau darah bocor di mata sehingga menyebabkan kebutaan permanen.

5. Penglihatan kabur

Diabetes juga dapat menyebabkan penglihatan kabur. Penyebabnya, pergeseran kadar gula darah secara konstan dapat mempengaruhi bentuk lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Tetap jaga kesehatan selalu, ya Beauty!