Menu

Musim Hujan Tiba, Ini 5 Bahan Alami Pengusir Flu dan Batuk Pilek yang Mudah Ditemukan di Rumah, Bye Bye Obat Kimia!

18 Oktober 2022 04:20 WIB

Ilustrasi wanita sedang sakit. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, hidung meler, tenggorokan gatal, dan bersin adalah gejala umum dari pilek atau flu. Ketika hidungmu tersumbat dan berair, kamu gak akan bisa berhenti batuk dan bersin, dan tenggorokan pasti akan gatal.

Selama masa-masa sulit ini, sistem kekebalan tubuhmu bekerja sangat keras. 

Dan kabar baiknya, Beauty, ternyata ada banyak pilihan obat pilek dan flu alami serta cara pengobatan sederhana yang bisa kamu coba di rumah, lho. Ya, obat ini bekerja luar biasa dalam mengobati flu tanpa menimbulkan efek negatif. 

Lantas, apa saja obat alami yang dimaksud? Dikutip dari Pink Villa, berikut ulasannya, Beauty.

1. Teh jahe

Manfaat terapeutik jahe adalah karena adanya senyawa yang dikenal sebagai gingerol dan shogaols.

Beberapa potong jahe segar mentah dalam air mendidih atau sebagai teh dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu. Sambil menjagamu tetap terhidrasi, teh jahe mengurangi kemacetan dan menenangkan sakit perut.

2. Susu dan kunyit

Banyak ahli menyarankan mengambil satu sendok teh kunyit dalam segelas susu hangat setiap hari untuk mencegah pilek dan flu. Kunyit dikenal luas karena efek anti-inflamasi dan antioksidannya. 

Oleh karena itu, campuran herbal ini digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kesehatan seperti gangguan pernapasan, peradangan, ketidaknyamanan sendi, gangguan hati, gangguan pencernaan, bahkan diabetes.

3. Biji rami

Biji rami, sumber yang kaya asam lemak Omega-3 dan Omega-6, dapat melindungi tubuh dari bakteri dan virus, memperkuat sistem kekebalan tubuhmu, Beauty.

Gak cuma itu, biji rami pun dapat membantu memerangi pilek dan flu. Untuk mencapai efek yang sama, rebus 2 sendok teh biji rami dalam 1 gelas air sampai kental dan dikonsumsi. Karena biji rami ini sifatnya hangat, mereka mungkin obat pilek dan flu terbaik.

4. Madu, air jeruk nipis dan air

Lemon membantu membersihkan lendir, membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Madu, di sisi lain, mengandung peroksida yang membersihkan kuman penyebab virus. Ini adalah dosis yang sangat baik untuk meningkatkan pencernaan dan metabolisme. 

Mencampurkan madu ke dalam air jeruk nipis hangat adalah cara paling efektif untuk mengobati pilek dan batuk biasa. Teh jeruk ini juga akan memberi Anda dosis vitamin C yang luar biasa, yang akan membantu sistem kekebalan tubuhmu, Beauty.

5. Amla

Amla telah lama digunakan sebagai pengobatan rumah yang kuat untuk flu dan pilek. Dia tinggi vitamin C, yang meningkatkan sintesis sel darah putih dalam tubuh, yang membantu dalam memerangi berbagai penyakit dan penyakit. 

Makan satu amla setiap hari memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan aliran darah dan fungsi hati.

Tertarik mencobanya, Beauty?