Menu

Waspada Kanker Pankreas! Perubahan Warna dan Jenis Tinja Seperti Ini Jadi ‘Red Flag’ Paling Umum, Ngeri...

20 Oktober 2022 09:10 WIB

Ilustrasi buang air kecil. (Freepik/kuprevich)

HerStory, Bogor —

Beauty, menurut Pancreatic Cancer UK, kanker pankreas memiliki tingkat kelangsungan hidup terendah dari semua kanker umum. Ini membuatnya semakin penting untuk mengenali tanda-tanda peringatan dini dari kondisi kesehatan yang serius ini.

Pakar kesehatan percaya memperhatikan perubahan kebiasaan buang air besar dan jenis tinjamu dapat membantu dalam memperhatikan tanda-tanda peringatan pada tahap awal. Mampu mendeteksi kanker sejak dini dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati.

Nah Beauty, kanker pankreas sendiri dimulai di jaringan pankreas, yang terletak di belakang bagian bawah perut. Pankreas melepaskan enzim yang membantu dalam membantu pencernaan dan menghasilkan hormon yang membantu dalam mengelola gula darah.

Jenis kanker paling umum yang dapat terbentuk di pankreas biasanya dimulai di sel-sel yang melapisi saluran yang membawa enzim pencernaan keluar dari pankreas.

Ciri umum kanker pankreas

Perubahan tinja adalah ciri umum kanker pankreas. Pada tahap awal, kanker di kepala pankreas dapat menekan saluran empedu. Ini mencegah pelepasan normal empedu ke dalam usus, yang dapat menyebabkan penyakit kuning obstruktif.

Pasien memperhatikan kulit dan mata mereka menguning, urin lebih gelap, dan tinja berwarna pucat. Kulit mereka juga bisa menjadi sangat gatal.

Perhatikan perubahan warna dan jenis tinja ini!

Kotoran acholic adalah penting dan salah satu red flag paling umum dari kanker pankreas. Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, itu ditandai dengan penampilan berwarna tanah liat karena kurangnya pigmen empedu.

Kekurangan enzim pankreas menyebabkan tinja pucat, berlemak, berminyak, sering berbau busuk, yang tidak mudah dibuang di toilet. 

Dari segi warna, tinja bisa berwarna hijau muda, coklat pucat, oranye, kekuningan, atau bahkan putih. Mereka cenderung sering, longgar, ceroboh, dan volumenya besar.

Tanda-tanda lain dari kanker pankreas

Terlepas dari perubahan tinja ada beberapa gejala lain yang dapat dikaitkan dengan kanker pankreas. Ini termasuk:

  • Sakit perut
  • Penyakit kuning
  • Diabetes onset baru
  • Perubahan kebiasaan buang air besar
  • Gangguan pencernaan
  • Mual dan muntah
  • Penurunan berat badan
  • Kelemahan
  • Nyeri dada non-jantung
  • Sakit bahu
  • Kehilangan selera makan

Kapan harus ke dokter?

Jika kamu melihat salah satu dari gejala yang disebutkan di atas, termasuk tinja pucat dan berminyak, maka kamu harus berkonsultasi dengan dokter, Beauty. Yang terbaik adalah mendapatkan diagnosis yang jelas dari dokter daripada mengabaikan atau menerima gejala begitu saja.

Dokter akan mengatur tes darah untuk memeriksa infeksi dan fungsi hati. Mereka juga dapat memeriksa penanda pankreas seperti CEA dan CA 19-9 (antigen terkait tumor paling umum yang digunakan dalam penentuan stadium pasien dengan kanker dubur dan bagian lain dari usus besar). 

Tes lain seperti USG hati atau CT scan mungkin diperlukan untuk memeriksa hati dan saluran empedu.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Artikel Pilihan