Menu

6 Langkah Pencegahan Diabetes Ini Sangat Direkomendasikan Ahli , Yakin Gak Mau Coba Beauty?

25 Oktober 2022 09:25 WIB

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kamu pasti sudah paham bahaya dari penyakit diabetes, kan? Ya, diabetes adalah kondisi umum yang terjadi ketika tubuh tak membuat cukup insulin atau tak dapat menggunakannya sebagaimana mestinya. "

Seiring waktu, penyakit ini pun dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Terkait hal itu, para ahli pun berbagi langkah-langkah pencegahan untuk membantu menurunkan kemungkinanmu terkena diabetes. Apa saja?

1. Aktif Secara Fisik

Dana Ellis Hunnes PhD, MPH, RD ahli diet senior di pusat medis UCLA, asisten profesor di sekolah kesehatan masyarakat UCLA Fielding, mengatakan, bergerak aktif secara fisik membantu mengatur darah kadar gula, dan menggunakan glukosa untuk bahan bakar sel-sel otot. 

Ini juga membantu mengatur hormon lapar dan kenyang Ghrelin dan leptin, dan menjaga berat badan pada tingkat yang sehat dengan menurunkan risiko diabetes.

CDC merekomendasikan, setiap minggu orang dewasa membutuhkan 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang dan 2 hari aktivitas penguatan otot, menurut Pedoman Aktivitas Fisik saat ini untuk orang Amerika.

2. Jalan-jalan Setelah Makan

Hunnes menjelaskan, ketika kita berjalan setelah makan, kita akan menggunakan beberapa karbohidrat yang dicerna tubuh dan berubah menjadi glukosa. Otot sendiri digunakan sebagai glukosa dan karenanya dapat membantu menurunkan lonjakan glukosa darah dengan cara lain setelah makan.

3. Menjaga Berat Badan Sehat

Lisa Richards, ahli gizi dan penulis Candida Diet, mengatakan, kadar gula darah pada wanita yang telah didiagnosis dengan diabetes gestasional biasanya akan kembali normal setelah mereka melahirkan. Namun, sekitar 50% wanita yang didiagnosis akan terus mengembangkan diabetes tipe 2.

Karenanya, cara terbaik untuk mencegah diagnosis diabetes tipe 2 adalah mencoba untuk kembali ke berat badan normal pasca-melahirkan.

4. Makan Makanan Utuh Makanan Berbasis Tumbuhan

Menurut Hunnes, pola makan nabati yang utuh cenderung lebih rendah kalori, lebih tinggi serat dan nutrisi tanaman (fitonutrien), termasuk antioksidan, vitamin dan mineral.

Jenis diet ini juga tergolong anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan kondisi kronis lainnya juga. Ini juga cenderung membantu orang mempertahankan berat badan mereka atau menurunkan berat badan mereka, dengan menurunkan risiko dan bahkan berpotensi membalikkan risiko diabetes.

5. Makan Quinoa

Trista Best, MPH, RD, LD mengatakan bahwa kombinasi nutrisi dalam quinoa menjadikannya makanan yang sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes dan banyak kondisi kronis lainnya, seperti penyakit jantung

Serat dan protein nabati membuatnya mampu menjaga gula darah lebih banyak. stabil dan lebih sedikit risiko tinggi dan rendah. 

Quinoa adalah biji-bijian dan juga protein lengkap nabati yang berarti mengandung semua sembilan asam amino esensial. Protein lengkap biasanya hanya sumber makanan hewani, yang membuatnya ideal untuk diet vegan apa pun, juga bebas gluten, tinggi serat, dan antioksidan. 

6. Hindari Terlalu Banyak Cemilan Manis

Jesse Feder, seorang pelatih pribadi & Ahli Diet Terdaftar dengan Tim My Crohn's and Colitis menjelaskan, memiliki diet tinggi gula telah dikaitkan dengan perkembangan obesitas dan/atau diabetes. Karenanya, penting untuk kamu menghindari makanan tersebut, ya Beauty!

Artikel Pilihan