Menu

Serem Banget! Terlalu Sering Berdeham Bisa Timbulkan Masalah Berikut Ini!

05 November 2020 17:00 WIB

Ilustrasi anak batuk-batuk (africa-studio.com/Olga Yastremska and Leonid Yastremskiy)

HerStory, Jakarta —

Kamu pernah merasakan selalu ingin berdeham setiap saat nggak? Untuk beberapa orang, kebiasaan berdeham masih terus dilakukan walau sedang enggak mengalami flu atau sakit tenggorokan, padahal terlalu sering berdeham bisa mengakibatkan beberapa masalah, lho!

Mau tahu masalah apa saja yang akan didapatkan ketika kamu terlalu sering berdeham padahal sedang enggak flu atau sakit tenggorokan? Yuk simak!

Lendir Tenggorokan Bertambah

Kamu mungkin sering merasa kalau tenggorokan kamu seperti ada yang menyangkut atau tenggorokan kita terasa sepert berlendir sehingga kamu sangat ingin berdeham, namun ternyata meski kamu sudah berdeham lendir di tenggorokan kamu enggak akan menghilang, lho! Malah, berdeham akan membuat lendir di tenggorokan kamu semakin banyak dan akan membuat tenggorokan jadi meradang.

Rusak Pita Suara

Apakah kamu pernah merasakan ketika kamu berdeham, suara kamu malah berubah menjadi mengerikan? Jika kamu terus menerus berdeham maka hal ini bisa memengaruhi kesehatan pita suara kamu, lho! Karena terlalu berdeham bisa membuat pita suara menjadi meradang. Kalau sudah kejadian, lama-lama suara kamu bisa berubah menjadi serak bahkan bisa saja pita suara kamu menjadi rusak dan menghilang.

Merusak Tenggorokan

Selain merusak pita suara, dehaman yang kita buat juga mengganggu tenggorokan dan juga membuat tenggorokan menjadi radang.

Lalu bisa enggak, sih, kebiasaan ini dihentikan? Bisa banget! Cara paling mudah untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan mencari penyebab kenapa kita terus menerus berdeham. Biasanya kebiasaan berdeham ini disebabkan oleh beberapa penyebab.

Seperti ada sesuatu yang menyangkut di tenggorokan kita yang akhirnya membuat tenggorokan terasa enggak nyaman. Kemudian, hal ini juga bisa terjadi karena kamu sedang mengalami sakit dan berdeham menjadi sebuah tanda bahwa ada yang salah dengan kondisi tubuh, contohnya radang tenggorokan, asma, hingga bronkitis.

Lalu ada juga penyebab yang terjadi karena adanya alergi yang disebabkan oleh debu yang masuk melalui hidung atau mulut. Bahkan, bisa juga karena kita lagi stres dan tertekan, sehingga kebiasaan berdeham itu malah jadi muncul.

Nah setelah kita sudah tahu penyebab kebiasaan sering berdeham, kita bisa mengatasi penyebabnya terlebih dahulu. Kalau kebiasaan berdeham ini muncul karena memang kita terbiasa berdeham, kita bisa coba ingatkan diri sendiri atau meminta orang lain untuk mengingatkan kita akan kebiasaan berdeham.

Perbanyak pula minum air putih, coba telan ludah, atau bahkan menguap untuk menghilangkan kebiasaan berdeham ini.