Menu

Beauty Wajib Tahu! Begini 5 Tanda Vagina yang Enggak Sehat!

05 November 2020 10:30 WIB

Ilustrasi menjaga kesehatan organ intim wanita. (unsplash/Timothy Meinberg)

HerStory, Jakarta —

Kesehatan vagina menjadi hal penting yang harus diperhatkan oleh para wanita seperti memperhatikan kesehatan anggota tubuh lainnya. Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang harus benar-benar dijaga kebersihannya karena bagian tersebut sangat berisiko untuk pertumbuhan bakteri atau jamur jika enggak dibersihkan dengan baik dan dapat membuat vagina menjadi enggak sehat. 

Di bawah ini terdapat lima tanda vagina yang enggak sehat seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis (05/11/2020).

Bau menyengat

Bau yang menyengat pada vagina bisa menjadi gejala infeksi. Kelebihan bakteri berbahaya dapat menyebabkan bakteri vaginosis. Hal ini tentu memberikan tanda jika vagina enggak sehat. 

Terdapat benjolan

Benjolan pada bagian luar vagina dapat mengindikasikan adanya penyakit kanker vagina. Benjolan kanker bisa dimulai seperti tahi lalat kecil yang bisa berubah tekstur atau warnanya.

Kering

Salah satu tanda vagina enggak sehat adalah vagina kering. Vagina yang kering, tipis dan meradang itu artinya tubuh sedang kekurangan hormon estrogen dari yang seharusnya dibutuhkan. Beberapa penyebab umumnya adalah perubahan hormonal, pengobatan dan iritasi.

Gatal

Saat vagina terasa gatal, tanda tersebut bisa jadi salah satu infeksi pada organ intim yang diakibatkan dari reaksi terhadap bahan kimia seperti sabun, krim dan dampak dari pemakaian alat kontrasepsi.

Ketika bakteri berbahaya melebihi jumlah bakteri baik dalam vagina, ketidakseimbangan yang terjadi itulah menyebabkan timbulnya gatal dan rasa panas.

Keputihan berlebihan dan perubahan warna  

Pelepasan vagina dapat dianggap normal jika berwarna putih dan enggak mengeluarkan bau busuk. Jika warnanya berubah merah atau coklat disertai dengan bau busuk, segera lakukan pemeriksaan medis.