Menu

Bisa Picu Penyakit Serius, Ini 3 Kombinasi Suplemen yang Berbahaya, Jangan Konsumsi Lagi Ya!

27 Oktober 2022 08:00 WIB

Suplemen. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Suplemen kerap dicari banyak orang dengan tujuan untun menunjang kesehatan tubuh. Umumnya, suplemen mengandung lebih dari tiga macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Namun, kamu harus berhati-hati saat mengonsumsi suplemen. Pasalnya, ada beberapa kombinasi suplemen yang justru bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari laman Express (27/10/2022), berikut ini beberapa kombinasi suplemen yang memicu efek samping berbahaya. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kalsium dan magnesium

Konsumsi suplemen kalsium, seng, dan magnesium enggak boleh bersamaan. Mineral-mineral dalam dosis yang besar bisa saling "berkompetisi" untuk diserap oleh tubuh.

Suplemen mineral dalam dosis tinggi juga dapat memicu keluhan kram perut, mual, dan diare. Sementara itu, kombinasi antara suplemen magnesium dengan antibiotik bisa memunculkan efek yang enggak nyaman.

Tembaga dan seng

Suplemen tembaga dan seng juga enggak boleh dikombinasikan. Jika tembaga dikombinasikan dengan seng, tembaga enggak bisa diserap tubuh. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Salah satu alasannya adalah tembaga merupakan mineral yang diperlukan untuk produksi sel darah merah dan pemeliharaan sistem imun yang sehat. Makanya, defisiensi tembaga merupakan hal yang penting untuk dihindari.

Minyak ikan dan ginkgo biloba

Konsumsi suplemen ginkgo biloba bersamaan dengan omega 3, seperti minyak ikan, berpotensi untuk semakin meningkatkan risiko. Hal ini bisa terjadi karena minyak ikan memiliki efek mengencerkan darah.

Jika ingin mengonsumsi kedua suplemen ini, ahli menganjurkan supaya dikonsumsi secara terpisah. Beri jarak minimal dua jam antara keduanya.

Nah, itulah kombinasi obat yang berbahaya. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan