Menu

4 Kebiasaan Buruk Ini Sering Disepelekan, Padahal Bisa Merusak Ginjal Lho, Hati-hati!

01 November 2022 08:00 WIB

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/cfnewstoday)

HerStory, Jakarta —

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika ginjal rusak, maka masalah kesehatan akan bermunculan.

Ada banyak faktor yang memengaruhi kerusakan ginjal, salah satunya kebiasaan buruk yang terus-menerus diulang dan dianggap sepele oleh banyak orang. Sudah tahu belum?

Melansir dari berbagai sumber (1/11/2022), berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kurang tidur

Ternyata kurang tidur dapat memengaruhi kerusakan ginjal. Fungsi ginjal dalam tubuh manusia diatur oleh siklus tidur dan bangun yang membaantu mengkoordinasikan beban kerja organ selama seharian.

Menahan kencing

Menahan kencing dapat menyebabkan batu ginjal terbentuk pada organ dengan riwayat kondisi tersebut atau pada mereka yang memiliki kandungan mineral tinggi dalam urine.

Kurang minum air putih

Mengonsumsi air putih berguna untuk membantu tubuh agar tetap terhidrasi serta membantu ginjal dalam membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum air putih dalam jumlah yang cukup juga membantu menghindari batuu ginjal.

Terlalu banyak konsumsi protein

Protein hewani menghasilkan asam jumlah tinnggi dalam darah yang bisa menyebabkan asidosis, suatu kondisi ginjal saat enggak bisa menghilangkan cukup asam, sehingga menyebabkan efek merugikan pada organ.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang sering disepelekan banyak orang. Hati-hati, ya!

Artikel Pilihan