Menu

Waduh! Kebanyakan Minum Air Putih Picu 4 Gangguan Kesehatan Ini Lho! Nomor 3 Sering Terjadi Nih

01 November 2022 11:00 WIB

Rutin minum air putih (Unsplash)

HerStory, Jakarta —

Air putih memang menjadi salah satu kebutuhan harian yang wajib dipenuhi. Meski begitu, ada takaran air yang harus kamu penuhi agar pas dan asupannya gak berlebihan, Beauty. 

Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan berat badan. Untuk orang dewasa umumnya dibutuhkan 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter. 

Mengonsumsi air putih terlalu banyak ternyata kurang baik bagi kesehatan. Akibatnya akan terjadi beberapa gangguan. 

Sering buang air kecil

Normalnya, manusia bisa kencing kurang lebih 6-8 kali per hari. Namun jika lebih dari itu, tandanya kamu terlalu banyak minum air putih, Beauty. 

Terlalu sering buang air kecil tentunya dapat mengganggu aktivitas harian. Oleh karena itu, konsumsilah air putih sesuai dengan kebutuhan harian, ya. 

Tubuh mengalami kram

Kebanyakan asupan air akan mengakibatkan rendahnya elektrolit tubuh. Kalau elektrolit dalam tubuh rendah, kita bakalan mengalami kram pada otot, lho!

Nah, jika mengalami kondisi ini, berarti sudah saatnya kamu mengurangi asupan air. Jangan kebanyakan minum air putih, ya!

Mual dan muntah-muntah

Kekurangan asupan air sama buruknya dengan kelebihan asupan air. Kondisi ini akan mengakibatkan terganggunya pencernaan, lho. 

Ini terjadi karena ginjal kita kesulitan untuk menghilangkan cairan yang berlebihan pada tubuh dan akhirnya air putih tersebut terpendam dalam tubuh, terutama dalam perut. Kondisi inilah yang menyebabkan muntah-muntah atau bahkan sampai diare.

Selalu lelah

Ketika kita minum terlalu banyak air, ginjal kita bakalan bekerja lebih keras, sehingga tubuh akan mengeluarkan hormon stres dan kecapekan. Itulah kenapa kelebihan adupan aje mengakibatkan rasa lelah, padahal sudah tidur lama, makan sehat, dan berolahraga.

Itu dia beberapa gangguan yang terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi air putih, Beauty. Tetap penuhi kebutuhan cairan harian secukupnya saja, ya.