Menu

Catat! Ini 6 Tips Memaksimalkan Wellness Tubuh pada saat Program Hamil, Kata Dokter...

02 November 2022 20:00 WIB

Affirmasi Positif Ibu Hamil

HerStory, Jakarta —

Masih banyak orang yang sering salah mengartikan kata “wellness”. Enggak jarang arti “wellness” disamakan dengan arti kesehatan. Padahal, sebenarnya wellness memiliki arti yang lebih luas dari itu.

Wellness diartikan sebagai keseluruhan proses menjaga atau mencapai kondisi sehat yang menyeluruh secara fisik, mental, dan emosional. Wellness juga melibatkan keputusan secara sadar dalam diri individu.

"Kalau kesehatan itu kan biasanya hanya secara fisik saja, sedangkan wellness itu memang penjabarannya lebih luas. Wellness tubuh itu meliputi, keseatan fisik, mental, spiritual, lingkunan, dan juga pendidikan, bahkan juga secara keseluruhan itu dari sisi finansial," kata dr. Fanny Imannuddin, M.Biomed (AAM) kepada HerStory pada Selasa (1/11/2022).

Lantas, bagaimana menjaga wellness tubuh bagi pasangan yang sedang melakukan program hamil?

Menurut dr. Fanny, wellness yang paling penting bagi pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil adalah mental wellness.

"Wellness sendiri kalau untuk program kehamilan yg paling penting adalah mental wellness karena kalau mental wellnessnya kurang, pasti kita enggak akan berfikir untuk memberikan yg terbaik untuk fisik kita," jelas dr. Fanny.

"jadi pejabaran wellness itu adalah suatu aktivitas yang kita lakukan, yang akhirnya kita bisa menjadi seseorang yg well doing, happy, toleran dengan setiap orang, kemudian menjadi lebih baik dari sebelumnya," sambungnya.

Lebih lanjut, dr. Fanny juga memberikan beberapa tips untuk pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil untuk memaksimalkan wellness tubuhnya. 

Yuk, simak baik-baik, ya!

Kurangi level stres

Stres  dapat menimbulkan beberapa hal yang buruk bagi diri kita. Stres akan menimbulkan reaksi oksidatif yang ada di tingkat selular kita. Stres juga membuat tubuh jadi enggak siap. Selain itu, banyak sekali inflamasi yang bisa terjadi karena stres.

"Hilangkan apa yg mengganggu pikiran kita karena stres bisa memberikan sinyal buruk bagi tubuh dan organ reproduksi kita juga. Jadi, penting untuk mengurangi level stres," tutur dr. Fanny.

Jaga pola makan

Menjaga pola makan menjadi sangat penting karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup. Dengan pola makan dan asupan nutrisi yang seimbang, tubuh akan lebih sehat.

"Jaga pola makan dengan memerhatikan asupan nutrisi seimbang. Seimbang dalam arti kebutuhan karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, mineral, dan yang lainnya harus dalam kondisi yang balance," ujarnya.

Olahraga yang cukup

Secara fisik, olahraga bisa meningkatkan kekuatan otot dan tulang, melancarkan peredaran darah, mengontrol berat badan, dan baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, secara psikologis olahraga bisa meningkatkan kepercayaan diri anak, meningkatkan kesehatan mental, dan mengurangi stres.

Konsumsi prebiotik dan probiotik

Prebiotik dan probiotik merupakan dua hal penting yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan manusia. Usus manusia sebagai saluran pencernaan, memainkan peran utama dalam membuat kesehatan secara keseluruhan , Karena sebagai “Second Brain”. Salah satu upaya yang dilakukan usus untuk kesehatan adalah dengan mengonsumsi prebiotik dan probiotik. 

Perhatikan asupan cairan harian tubuh

Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20 persen.

Atur pola tidur berkualitas

Secara normal, manusia membutuhkan tidur antara 7-8 jam sehari, kita membutuhkan nutrisi hormon melatonin yang berpengaruh pada kualitas tidur kita dan memperbaiki secara keseluruhan organ tubuh kita. Jadi, tubuh manusia membutuhkan restorative system.

"Hindari kerja berlebihan atau overwork, exercise yang berlebihan, karena yang berlebihan itu enggak baik ya," kata dr. Fanny.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan wellness tubuh pada saat menjalani program hamil. Semoga bermanfaat!