Menu

Duh... Penularan Virus HPV Penyebab Kanker Serviks Ternyata Bisa Lewat Toilet Umum, Simak Tips dari Dokter Ini untuk Mencegahnya Beauty!

07 November 2022 14:37 WIB

Toilet. (Unsplash/Jan Antonin Kolar)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti sudah tahu kan tentang bahayanya penyakit kanker serviks? Ya, mayoritas kasus penularan human papillomavirus (HPV), yakni virus penyebab kanker serviks terjadi melalui aktivitas seksual. 

Tapi siapa sangka, ternyata menurut Dokter Spesialis Kandungan dan Ginekologi, dr. Cindy Rani Wirasti, Sp.OG-KFER, penularan virus HPV juga bisa melalui kontak non-seksual. Seperti contohnya, melalui penggunaan toilet umum secara bergantian, lho!

"Ada kemungkinan bahwa HPV bisa menular melalui toilet umum, konteksnya contact to contact, karena diakses oleh banyak orang. Apalagi saat di toilet pada umumnya orang akan menyentuh area genital," tutur dr. Cindy, saat acara kelas jurnalis dalam rangka pencegahan kanker serviks dari MSD Indonesia dan Kementerian Kesehatan, di Jakarta, belum lama ini.

"Kalau kita menggunakan toilet secara umum, siapa saja kan bisa pakai, sehingga ada kontak," sambung dr. Cindy.

Karenanya, dr. Cindy pun mewanti-wanti kaum hawa untuk selalu menjaga kebersihan di mana saja dan melakukan beberapa upaya preventif atau pencegahan. 

Seperti, pertama, tak melakukan kontak langsung atau jika memungkinkan jangan biarkan kulit bersentuhan langsung dengan toilet. 

Kedua, jika ingin menyentuh gangang pintu atau kran, misalnya usahakan memegang dengan tisu. Dan yang ketiga, usahakan cari tempat yang bersih untuk buang air,.

“No contact, intinya. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan sejumlah benda di toilet, misalnya tombol 'flush' di WC atau gagang pintu. Ketika menyentuh bagian-bagian tersebut, gunakanlah tisu kering agar tangan tak berkontak langsung dengan permukaan benda yang mungkin terpapar HPV," tutur dr. Cindy.

"Atau gak, usahakan cari toilet yang bersih,” imbuh dr. Cindy.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Beauty!