Menu

Hati-Hati! Keseringan Makan Pedas saat Hamil Bisa Terkena Efek Samping Ini!

12 November 2020 07:15 WIB

Ilustrasi wanita hamil mengonsumsi makanan (Getty Images/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Wanita yang tengah hamil kerap mengidap berbagai jenis makanan untuk ia santap. Mulai dari makan-makanan yang manis hingga pedas sekali pun. Meski kerap menjadi perdebatan, mengonsumsi makanan pedas saat hamil, pada dasarnya enggak memberikan dampak negatif pada janin lho.

Para pakar kesehatan sepakat mengatakan, makan-makan pedas itu aman saja dilakukan dan enggak akan berdampak buruk pada janin di dalam kandungan.

Seperti yang disebutkan dalam laman Healthline, penelitian yang diterbitkan dalam National Library of Medicine pada 2019, menunjukkan bahwa makanan tertentu selama kehamilan dapat mengubah 'rasa' cairan ketuban. Namun, belum ada penelitian yang mengamati asupan makanan pedas secara spesifik.

Dengan kata lain, belum ada bukti lanjut yang mengatakan kalau makanan pedas bisa berdampak pada janin, bahkan memicu keguguran.

Meski relatif aman bagi janin, bukan berarti kamu boleh sering mengonsumsi makanan pedas saat hamil ya, Beauty. Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, bisa berdampak pada kesehatanmu dan membuatmu merasa enggak nyaman.

Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020), berikut efek samping yang bisa kamu rasakan saat mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Mulas

Mulas memang sangat umum terjadi selama kehamilan, dan makanan pedas juga bisa menjadi pemicu rasa mulas tersebut. Ini akan semakin terasa saat sudah memasuki trimester akhir kehamilan. Hal ini karena janin tumbuh lebih besar, sehingga membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Diare

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan saat hamil, juga bisa memicu terjadinya diare, Beauty. Diare yang parah dapat menyebabkan dehidrasi dan nantinya bisa membayakan janin di dalam perut.

Jika mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh diare ini, volume air ketuban akan berkurang dan membuat perkembangan janin terganggu. Parahnya, kondisi ini bisa berisiko keguguran lho, Beauty.

Morning sickness

Morning sickness sering dialami oleh wanita hamil pada trimester pertamanya. Namun, kondisi ini akan semakin parah, lantaran terlau banyak mengonsumsi makanan pedas. Jadi, sebisa mungkin hindari makanan pedas di trimester pertama ya, Beauty.

Alergi

Mengonsumsi lada bisa menyebabkan gejala alergi pada beberapa calon ibu. Kalau di antara kamu memiliki gejala alergi sebelum kehamilan, maka saat hamil harus menghindari makan-makanan tersebut.

Menyebabkan kontraksi

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebih saat hamil juga bisa menyebabkan terjadinya kontraksi atau meningkatkan jumlah pelepasan hormon prostaglandin. Kondisi inilah yang memicu adanya dorongan pada otot-otot halus dan menimbulkan kontraksi.

Nah Beauty, itu dia efek samping yang bisa terjadi pada tubuh saat mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan di tengah kehamilan. Mengonsumsi makanan pedas boleh saja, Beauty, asal jangan berlebihan ya!

Karena pada umumnya, mengonsumsi makanan pedas juga menyimpan sejumlah manfaat. Capsaicin pada cabai dikenal mampu memperlambat penyebaran kanker paru-paru. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas, juga bisa mengatasi masalah kulit dan jerawat, mengobati pilek dan juga batuk.

Semoga bermanfaat!