Menu

5 Manfaat Bawang Merah yang Gak Banyak Orang Tahu, Kamu Wajib Coba Nih Moms! Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan

11 November 2022 07:55 WIB

Bawang merah. (Pinterest/dharmasehat)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu gak asing dengan bawang merah, bukan? Salah satu bumbu dapur ini tak hanya membuat masakanmu menjadi lebih lezat dan kaya rasa, bawang merah ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan karena kaya akan kandungan gizinya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat bawang merah yang jarang diketahui orang, antara lain:

1. Mengatasi peradangan

Sistem kekebalan akan membuat antibodi untuk melawan zat yang mengancam. Namun, proses ini akan menghasilkan zat yang bisa menimbulkan peradangan. Saat peradangan terjadi dalam jangka panjang, risiko berbagai penyakit kronis akan meningkat, contohnya penyakit jantung dan kanker.

Agar peradangan tidak semakin bertambah parah, kamu bisa mengonsumsi makanan antiradang, seperti bawang merah.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pilek atau flu merupakan penyakit yang paling serring dikeluhkan karena sangat menular. Karenanya kamu perlu mengonsumsi makanan sehat agar tak gampang sakit, Beauty. 

Ini karena makanan sehat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi bawang merah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C.

3. Mencegah kanker

Salah satu upaya pencegahan untuk kanker adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan. Bawang merah termasuk dalam deretan rempah yang kaya antioksidan sehingga memberi manfaat perlindungan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

4. Meningkatkan kesehatan seraf dan otot

Saraf dan otot yang sehat tentu akan mendukung Genpiple melakukan berbagai aktivitas setiap hari. Bila kadar kalium rendah, kamu sangat mungkin mengalami masalah pada saraf atau otot.

Masalah kesehatan yang paling umum dialami otot lemah dan tubuh lemas. Manfaat kandungan kalium pada bawang merah ternyata bisa membantu menjaga kesehatan saraf dan otot.

Pasalnya, bawang merah kaya akan kalium, yang fungsinya sangat vital bagi tubuh. Kalium dalam bawang merah memiliki khasiat mendukung otot dan saraf agar bisa bekerja dengan normal.

5. Menyehatkan tulang

Kamu harus tahu, bahwa salah satu khasiat bawang merah yang perlu kamu ketahui adalah menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini berasal dari kandungan kalsium pada bawang merah.

Mineral ini menjaga tulang tetap kokoh dan merangsang pertumbuhan sel tulang baru menggantikan sel tulang yang rusak. Selain kalsium, mineral lain pada bawang merah juga memberikan manfaat serupa, seperti tembaga, zat besi, dan fosfor.