Menu

Waspada, Sering Menahan Bersin Bisa Memicu 3 Kondisi Berbahaya Ini!

12 November 2020 13:30 WIB

ilustrasi menahan bersin (freepik/benzoix)

HerStory, Jakarta —

Bersin merupakan respons alami terhadap partikel asing yang masuk dari hidung. Bersin membantu mencegah tubuh dari sakit atau infeksi oleh berbagai hal yang mungkin masuk lewat hidung. 

Terkadang, beberapa orang sering kali menahan bersin saat dihadapkan pada situasi yang enggak memungkinkan untuk bersin. Namun, penelitian menunjukkan bahwa menahan bersin bisa memicu kondisi berbahaya yang sangat berbahaya.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020) berikut tiga kondisi berbahaya akibat menahan bersin.

Kerusakan pembuluh darah

Menahan bersin dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah pada mata, hidung atau gendang telinga. Para ahli mengatakan, peningkatan tekanan yang terjadi karena menahan bersin dapat menyebabkan pembuluh darah di saluran hidung terjepit dan pecah. Cedera semacam ini biasanya menyebabkan kerusakan dangkal pada penampilan, seperti kemerahan di mata atau hidung.

Gendang telinga pecah

Saat menahan bersin, tubuh akan menahan tekanan tinggi dari sistem pernapasan yang juga bisa menyalurkan udara ke telinga. Udara bertekanan tinggi tersebut dapat mengalir ke tabung di masing-masing telinga.

Gendang telinga yang pecah terjadi karena adanya lubang atau sobekan pada jaringan tipis yang memisahkan saluran telinga dari telinga tengah. Tekanan tinggi ini bisa menyebabkan satu gendang telinga atau bahkan keduanya pecah dan menimbulkan hilangnya pendengaran.

Kerusakan tenggorokan

Tenggorokan merupakan bagian integral dari sistem pencernaan dan pernapasan tubuh. Dari sinilah makanan melewati sebelum diarahkan ke kerongkongan dan lambung untuk pencernaan.

Saat menahan bersin, dapat berpotensi mematahkan bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa seperti sulit berbicara atau menelan.