Menu

5 Tips Ampuh Mengatasi Kecemasan saat Hamil, Bumil Perlu Tahu Nih!

13 November 2020 07:15 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang sedang stres. (Pinterest/bbc.com)

HerStory, Jakarta —

Kecemasan bisa dialami oleh siapa pun, termasuk seorang ibu yang tengah mengandung. Perubahan hormon selama kehamilan dapat memengaruhi bahan kimia di otak. Hal ini bisa menyebabkan kecemasan terjadi pada seorang ibu hamil.

Kecemasan pada ibu hamil perlu segera ditangani agar enggak berdampak lebih lanjut. Masalahnya, tingkat kecemasan yang tinggi dapat menimbulkan risiko yang membahayakan bagi seorang ibu hamil. Seperti preeklamsia, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.

Rasa cemas yang sering dialami ibu hamil bisa dilakukan dengan berbagai cara yang cukup sederhana. Menyadur dari laman Healthline, Jumat (13/11/2020), berikut lima di antaranya.

Jangan ragu untuk bercerita dengan orang terdekat

Bumil, kalau kamu merasa sangat cemas selama kehamilan, penting untuk memberi tahu seseorang. Entah kepada suami, teman dekat atau bahkan keluargamu sendiri. Dengan menceritakan hal tersebut kepada orang terdekat, kamu mendapat banyak dukungan dari mereka.

Berbagi pikiran dan perasaanmu cukup untuk mencegah kecemasan itu terjadi. Kamu juga bisa meminta dokter untuk merujukmu ke terapis yang mampu membantumu mengatasi kecemasan tersebut.

Alihkan lewat melakukan aktivitas yang lebih positif

Melakukan banyak aktivitas juga dapat membantumu mengurangi rasa stres dan cemas selama kehamilan. Aktivitas fisik membantu tubuh melepaskan endorfin. Ini bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami di otak. 

Menggerakkan tubuh adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam mengelola stres. Berhubung tengah mengandung, lakukan aktivitas yang lebih aman ya, Bumil. Seperti berjalan atau bahkan melakukan yoga khusus ibu hamil.

Tenangkan pikiran lewat meditasi

Kamu juga bisa mencoba melakukan aktivitas yang membantu tubuh mengeluarkan endorfin tanpa harus berkeringat, Bumil. Salah satunya ialah dengan melakukan meditasi atau latihan pernapasan dalam.

The American Institute of Stress merekomendasikan untuk melakukan pernapasan perut dalam selama 20-30 menit per hari. Hal ini akan membantumu dalam mengatasi kecemasan dan juga membantu menyediakan lebih banyak oksigen ke otak untuk menstimulasi sistem saraf.

Istirahat

Dear Bumil, penting untuk memastikan kamu memiliki tidur yang cukup. Meskipun selama kehamilan sulit untuk tidur nyenyak, tapi dengan istirahat yang cukup bisa membantumu mengatasi kecemasan.

Atasi lewat menulis

Bumil, mungkin banyak di antara kamu yang enggan menceritakan banyak hal tentang kehidupan pribadimu kepada orang lain. Tapi, semua pikiran itu membutuhkan tempat untuk dituju.

Kalau kamu enggan menceritakannya kepada orang lain, cobalah untuk menuangkannya lewat sebuah tulisan dan ungkapkan semua perasaanmu tanpa takut dihakimi oleh siapa pun.

Nah Bumil, itu dia lima cara jitu mengatasi kecemasan yang sering dialami selama hamil. Kalau kecemasan itu sangat mengganggumu, ada baiknya langsung datang ke dokter terapis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya. Semoga bermanfaat!