Menu

Hidung Sedang Tersumbat? Atasi dengan Deretan Tips Berikut Ini Yuk!

13 November 2020 07:00 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang terserang flu. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah mengalami hidung tersumbat? Gangguan hidung tersumbat bisa saja dirasakan oleh semua orang, tetapi banyak yang menyangkan bahwa gangguan hidung tersumbat itu diakibatkan oleh cairan di dalam rongga hidung. Padahal hidung tersebut karena pembuluh darah yang meradang di area sinus.

Hal ini yang akhirnya membuat cairan menjadi sulit untuk dikeluarkan, tentu hal ini akan membuat aktifitas kita sehari-hari akan terganggu dan hidung yang tersumbat bisa menimbulkan rasa pusing dan sesak nafas. Untuk itu, coba yuk lakukan hal ini agar gangguan hidung tersumbat bisa segera diatasi!

Hirup Uap Air Panas

Pertama, kamu bisa mencoba metode menghirup uap air panas. Kamu bisa melakukan hal ini dengan merebus air hingga mendidih, kemudian tutup kepalamu dengan menggunakan handuk lalu hirup uap yang dihasilkan oleh air tersebut. jika kamu rutin melakukan metode ini maka hidung kamu bisa terbebas dari mampet.

Minum Air Hangat

Cara yang kedua adalah meminum air hangat agar tubuh kamu bisa terus terhidrasi dengan baik merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan hidung tersumbat. Meskipun air apapun bisa membantu, namun mengonsumsi air yang hangat merupakan tips yang dijamin ampuh. Lalu, dengan menjaga cairan tubuh maka tekanan yang ada di area sinus akan berkurang.

Kompres Air Hangat

Kemudian, setelah kamu sudah meminum air hangat kamu bisa mengompres diri kamu. Hal ini dipercaya bisa membantu membuka saluran hidung dari luar. Untuk melakukan hal ini, kamu cukup merendam handuk ke air hangat, lalu letakkan di dahimu. Perlu kamu ketahui, bahwa selain mengurangi masalah hidung tersumbat, kompres air hangat juga bisa meredakan sakit akibat flu.

Mandi Air Hangat

Terakhir, kamu bisa mencoba mandi air hangat. Hal ini juga dianggak efektif untuk membantu melegakan hidung tersumbat, namun air haris terus mengalir dari bagian kepala agar pembuluh darah menjadi lebih rileks. Dengan begitu, cairan dalam hidung akan keluar dengan sendirinya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa efek ini hanya bersifat sementara.

Nah, selamat mencoba ya, Beauty!