Menu

Benarkah Buah Mengkudu Ampuh Bikin Diabetes Ambrol? Langsung Aja Cek Faktanya Yuk Moms!

14 November 2022 23:50 WIB

Jus Mengkudu (Aceh.tribunnews.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak 'makan' korban jiwa. Pasalnya jika tidak segera diobati dengan tepat, diabetes bisa menimbulkan berbagai komplikasi lain, seperti serangan jantung, stroke, infeksi kaki, hingga gagal ginjal.

Meski tak bisa sembuh total, namun penderita diabetes wajib menjaga kadar gula darah agar kondisi tak semakin memburuk. Selain mengonsumi obat-obatan, kamu juga bisa memanfaatkan buah mengkudu untuk mengatur kadar gula darah.

Berikut ini beberapa fakta yang menunjukkan buah mengkudu ampuh menurunkan kadar gula darah tinggi, antara lain:

1. Kaya biotin dan folat

Jus mengkudu merupakan sumber biotin dan folat yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh seseorang, termasuk membantu mengubah makanan menjadi energi.

2. Kaya vitamin C

Melansir Healthline, Senin (14/11/2022), mengkudu dalam bentuk jus mengandung sebagian besar karbohidrat. Jus mengkudu juga kaya akan vitamin C yang penting untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh

3. Mengandung antioksidan yang tinggi

Jus mengkudu juga dikenal memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan utama dalam jus mengkudu, adalah beta karoten, iridoid, dan vitamin C serta vitamin E.

4. Pengendali diabetes

Ada manfaat potensial terhadap penderita diabetes. Senyawa flavonoid, saponin dan triterpenoid bisa menurunkan kadar  gula darah.

Ada juga antiinflamasi atau anti peradangan. Menurut Kombinasi antiinflamasi dan antioksidan itu sangat baik jika dikonsumsi penderita diabetes.