Menu

Catat! Ini 5 Makanan Enak yang Bisa Bikin Paru-paru Bersih dan Sehat, Buruan Konsumsi!

15 November 2022 10:00 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang mengidap paru-paru basah. (Freepik/eddows-animator)

HerStory, Jakarta —

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan paru-paru menjadi kotor dan enggak sehat, di antaranya asap rokok, debu, zat beracun, dan virus atau bakteri. Partikel-partikel tersebut bisa masuk ke paru-paru saat kamu menghirup udara yang terkontaminasi.

Namun, ternyata paru-paru yang kotor bisa dibersihkan, lho. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan paru-paru, salah satunya dengan konsumsi makanan tertentu.

Melansir dari laman Medical News Today (15/11/2022), berikut ini beberapa makanan sehat yang disebut bisa bantu membersihkan paru-paru. Yuk, simak baik-baik, ya!

Gandum utuh

Gandum utuh ternyata sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Enggak hanya makanan gandum yang tinggi serat, makanan yang memiliki kualitas antioksidan dan antiinflmasi, tapi juga penuh vitamin E, selenium, dan asam lemak esensial, juga baik untuk kesehatan paru-paru.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, pakcoy, kangkung, dan yang lainnya bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Sebuah studi menunjukkan bahwa sayuran hijau sangat baik untuk paru-paru karena mengandung karotenoid yang tinggi.

Tomat

Tomat mengandung kaya likopen yang dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Tomat juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita asma atau seseorang yang pernah merokok.

Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, yakni senyawa sebagai antibiotik yang dapat membantu menyembuhkan infeksi paru-paru. Bawang putih juga mampu mengurangi risiko peradangan dan kanker paru-paru.

Kunyit

Senyawa aktif pada kunyit dapat membantu membersihkan paru-paru secara alami. Kunyit juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan detoksifikasi.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membantu bersihkan paru-paru. Mau coba konsumsi?