Menu

Gak Cuma Buahnya, Biji Durian Juga Ampuh Bikin Jantung Sehat Moms, Begini Cara Mengonsumsi yang Tepat, Mau Coba?

15 November 2022 16:55 WIB

Durian (Unsplah/Jim Teo)

HerStory, Jakarta —

Siapa yang gak suka buah durian? Buah satu ini memang menjadi buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, kandungan nutrisi di dalam buah durian juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, Moms.

Ternyata tak hanya buahnya saja, seoarng pendakwah sekaligus praktisi kesehatan, dokter Zaidul Akbar membeberkan khasiat biji durian yang gak banyak orang tahu. Sang dokter menjelaskan bahwa kandungan gizi yang baik tidak hanya dimiliki oleh daging durian saja, tapi juga biji durian.

"Durian itu kan termasuk asam banget, tapi ada biji durian yang berfungsi untuk menyeimbangkan kandungannya," kata dokter Zaidul Akbar.

Oleh sebab itu, dokter Zaidul Akbar mengimbau agar masyarakat juga memanfaatkan biji durian dengan cara diolah sebelum dikonsumsi.

Seperti apa cara mengonsumsi biji durian yang tepat agar mendapatkan manfaatnya?

Nah, untuk mengonsumsinya, Dokter Akbar menjelaskan biji durian tidak dimakan secara langsung. Tapi kamu harus merebusnya terlebih dahulu. Selain itu, dikukus atau dibikin tepung juga bisa Moms.

Lebih lanjut Dokter Akbar menjelaskan bahwa biji durian kaya akan asam amino sama seperti air kelapa. Beberapa manfaat dari biji durian, seperti:

  • mencegah hipertensi
  • menjaga kesehatan gigi
  • mencegah penyakit jantung
  • menjaga kekebalan tubuh

"Jadi biji durian itu, Allah SWT ciptakan sebenarnya untuk dimakan. Makin dilindungi Allah SWT sebuah produk itu makan makin tinggi kandungan manfaatnya, seperti durian dan air kelapa," ungkap dokter Zaidul Akbar.

"Kelapa juga termasuk yang terbaik dan mengandung banyak asam amino. Lalu kapan waktu terbaik minum air kelapa? yaitu habis diambil dari pohon langsung diminum," imbuhnya.