Menu

Bagus untuk Ibu Hamil, Ini Sederet Manfaat Labu Siam yang Gak Banyak Orang Tahu, Jangan Kaget Moms!

15 November 2022 16:28 WIB

Labu Siam. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms pasti familiar dengan labu siam. Jenis makanan ini sering dijadikan bahan sayur lodeh. Rasanya yang enak dan manis membuat sayuran ini banyak disukai orang. Tak hanya rasanya yang enak, labu siam juga memiliki manfaat yang luar biasa dahsyat untuk kesehatan, lho Moms.

Penasaran apa saja manfaatnya? Langsung aja yuk simak sederet manfaat labu siam, seperti dilansir dari Hello Sehat, Selasa (15/11/2022), antara lain:

1. Bagus untuk ibu hamil

Untuk ibu hamil, kandungan vitamin B9 atau folat yang terkandung dalam labu siam sangat berguna. Jika ibu hamil kekurangan folat, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan pada bayi, seperti cacat tabung saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas, hingga keguguran.

Jadi, masih mikir untuk konsumsi sayuran ini, Moms?

2. Kolesterol terjaga

Berikutnya, labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh. Oleh sebab itu, labu siam baik untuk menjaga agar kadar kolesterol kamu tetap normal.

3. Mencegah hipertensi

Labu siam dapat mengatur tekanan darah karena punya sifat diuretik yang ringan. Membantu atasi anemia Labu siam ternyata memiliki zat besi yang membantumu mengatasi anemia.

Kandungan zat besi di dalamnya membantu hemoglobin mengikat oksigen.

5. Mengatasi radikal bebas

Labu siam mengandung sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah rusaknya sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, vitamin C di dalamnya juga mencegah rusaknya kulit akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

6. Mencegah kanker

Labu siam juga dipercaya bisa mencegah sel kanker Moms. Ini karena kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik di dalam labu siam dapat mengikat radikal bebas penyebab sel kanker di dalam tubuh. 

7. Menjaga kesehatan hati

Hasil penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry menghasilkan, manfaat ekstrak labu siam mampu mencegah dan menyembuhkan lemak di hati.

Itulah tujuh manfaat labu siam yang gak banyak orang tahu. Semoga informais ini bermanfaat Moms.