Menu

Duh Ngeri... Ternyata Kekurangan Vitamin D Berpotensi Picu Diabetes dan Penyakit Jantung, Kok Bisa Ya?

24 November 2022 09:35 WIB
Duh Ngeri... Ternyata Kekurangan Vitamin D Berpotensi Picu Diabetes dan Penyakit Jantung, Kok Bisa Ya?

Makanan yang mengandung vitamin D. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, vitamin D adalah vitamin esensial dan seringkali kita mengaitkan kadar vitamin yang lebih rendah dengan tulang yang lemah dan kesehatan otot yang buruk. Namun, yang sering kita abaikan adalah keterkaitan vitamin penting ini dengan penyakit utama seperti diabetes.

Paparan sinar matahari membantu tubuh mensintesis vitamin D, atau dikenal sebagai calciferol, dan ini dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk memasok tubuh dengan vitamin D.

Apa hubungan vitamin D dan diabetes?

Ada beberapa studi penelitian yang dilakukan mengenai hubungan antara vitamin D dan diabetes.

Vitamin D meningkatkan sensitivitas insulin yang sangat penting dalam menjaga kadar glukosa darah. Ini terkait dengan sekresi insulin, resistensi insulin, dan disfungsi sel ? di pankreas. Pada model hewan diabetes, terlihat bahwa sekresi insulin pankreas dihambat oleh defisiensi vitamin D.

Penelitian telah mengatakan bahwa untuk menjaga kadar glukosa normal, tubuh manusia perlu memiliki vitamin D 80 nmol/l atau lebih.

Studi penelitian pada individu yang lebih tua telah menemukan bahwa kadar vitamin D darah kurang dari 50 nmol/l menggandakan risiko diabetes.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: