Menu

Waspada Kesandung UU ITE, Korban Kekerasan Seks Lakukan Perhatikan Hal Ini sebelum ‘Spill the Tea’ ke Medsos

28 November 2022 13:30 WIB
Waspada Kesandung UU ITE, Korban Kekerasan Seks Lakukan Perhatikan Hal Ini sebelum ‘Spill the Tea’ ke Medsos

Ilustrasi kekerasan seksual di media sosial (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, istilah ‘spill the tea’ belakangan ini marak terdengar dan beredar di media sosial. Isliha tersebut digunakan untuk mengungkap sebuah kasus atau kejadian yang biasanya dialami oleh korban.

Salah satu kasus yang ramai soal spill the tea adalah tentang dugaan kekerasan dan pelecehan seksual. Banyak yang merasa bahwa atensi dari media sosial lebih besar dibandingkan harus melapor sesuai prosedur hukum.

Namun, apakah aman untuk melakukan hal tersebut?

Ternyata, melakukan call out dengan membocorkan identitas pelaku ternyata gak aman. Pasalnya, terduga pelaku belum dinyatakan bersalah secara hukum yang mana korban terancam kena pasal UU ITE

Oleh karena itu, satu hal yang perlu diperhatikan saat ingin spill the tea ke media sosial adalah untuk tidak gegabah dalam menyebutkan nama pelaku. Hal sama disepakati oleh Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan Seksual (KOMPAKS) yang disampaikan oleh An Nisaa Yovani dalam Diskusi 16 Hari Aktivisme Melawan Kekerasan Berbasis Gender: Menciptakan Ruang Aman untuk Dukung Pekerja dan Pemberi Kerja pada Jumat (25/11/2022).

Ia menjelaskan bahwa KOMPAKS akan melakukan pendekatan dengan korban secara langsung melalui ruang chat pribadi. Selanjutnya, KOMPAKS akan menanyakan terkait pendampingan dan kebutuhan korban.

Nah, jika korban terlanjur mengungkap identitas pelaku, KOMPAKS akan memintanya untuk menarik unggahan tersebut, namun tetap mengusut kasusnya secara personal bersama KOMPAKS. Hal itu dilakukan demi keamanan korban.

“Kalau menyebutkan identitas pelaku maka take down identitasnya, namun secara personal tanyakan identitasnya,” ungkap Yovani.

Baca Juga: Mengulik Sisi Gelap Media Sosial: Platform Penuh Magnet dan Dunia Maya yang Sulit Dilepas

Baca Juga: Nah Lho... Disebut Selingkuhan Brigadir J, Putri Candrawathi Justru 'Pelaku' Eksploitasi Seksual ke Ajudannya: Demi Penuhi Nafsu Bejat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: