Omega-3 sering disebut sebagai bahan super yang kaya dengan manfaat. Sehingga banyak perusahaan obat dan suplemen di pasaran yang mengklaim bahwa produknya mengandung omega-3. Bahan makanan dan suplemen yang mengandung omega-3 sering dipercaya menjadi sumber yang membantu melawan  berbagai risiko penyakit.

Makanan yang kaya omega-3, diantara lain, hidangan seafood, salmon, tuna, udang, kepiting, kerang dan ikan air tawar. Lalu buah dan sayuran yakni, alpukat, kubis, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan seperti almond, kenari dan hazelnut. Mengutip dari laman Halodoc, Jumat (20/11/2020) berikut manfaatnya.

1. Memangkas Risiko Penyakit Kardiovaskular

Menurut beberapa penelitian, konsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi (omega-3), dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi risiko stroke. Tak cuma itu saja, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin juga bisa mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata 

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi ikan yang berkadar minyak tinggi, sebanyak dua kali dalam seminggu, bisa mengurangi risiko degenerasi makula karena faktor usia. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua yang membuat pandangan menjadi buram.  

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan, Simak Manfaat Minum Teh Tanpa Gula di Pagi Hari