Tampil cantik dengan riasan wajah sepanjang hari mungkin menjadi hal yang banyak wanita lakukan selama ini. Bisa dibilang, makeup itu bisa membuat kamu tampil lebih percaya diri bukan? 

Tapi Beauty, enggak sedikit pula di antara kamu yang malas membersihkan makeup apaalagi kalau sudah lelah selepas pulang beraktivitas. Kamu cenderung mengabaikan riasan wajah yang masih menempel dan segera tertidur. 

Beauty tahu enggak sih, kalau kebiasaan buruk itu justru enggak baik untuk wajahmu lho! Bisa saja kamu mengalami maslah-masaah pada wajah yang enggak kamu inginkan Beauty! 

Merangkum dari laman The List, Sabtu (7/3/2020), berikut lima masalah kulit yang bakal kamu alami akibat tertidur dengan makeup yang masih menempel pada wajah:

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Ternyata Ini yang Bakal Terjadi Kalau Pakai Bedak Setiap Hari

Pori-pori tersumbat

Beauty, tidur dengan full makeup pada wajah bisa membuat pori-pori tersumbat. Hal ini dikarenakan, banyak produk riasan wajah yang mengandung bahan seperti silikon yang justru menyumbat pori-pori. Membiarkan makeup terjaga semalaman hanya akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit.

Bikin jerawatan

Akibat pori-pori yang tersumbat membuatmu mendapatkan jerawat pada wajah yang akan timbul di pagi hari. Saat tidur terlelap, bisa saja kamu mengeluarkan keringat yang justru menghasilkan sebum atau minyak berlebih yang akan memicu timbulnya jerawat.

Kulit menjadi kusam

Ahli kecantikan asal New York, Liz Donat, mengatakan tidur dengan kondisi wajah yang penuh dengan makeup juga akan membuat kulit tampak kusam. Pori-pori yang tersumbat juga menyebabkan kulit tampak lebih kusam dan seperti kulit mati. Itu mengapa sangat penting untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

Baca Juga: Make up Itu Penting Gak Sih? Ini Dia Kata Wanita

Mempercepat proses penuaan kulit

Kebiasaan buruk ini juga bisa membawamu mengalami proses penuaan dini. Tidur dengan pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat dapat membuat kulit kering dan menyebabkan peradangan atau kemerahan, serta mempercepat timbulnya keriput dan garis halus.

Kulit jadi kering

Meskipun kamu membersihkannya saat di pagi hari, justru ini memicu kulitmu menjadi kering. Kulit yang kering berarti kehilangan elasitas di dalamnya, sehingga membuat kotoran lebih menonjol dari sebelumnya. 

Semoga bermanfaat!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.