Lupa minum kedengarannya sama konyolnya dengan lupa bernapas. Namun, menurut sebuah studi Harvard tahun 2015, para peneliti menemukan bahwa lebih dari setengah dari 4.000 anak yang diteliti ternyata suka lupa minum, dengan 25% mengatakan mereka bisa kuat enggak minum air selama hari itu. 

Dan ini bukan hanya masalah anak-anak saja. Sebuah studi terpisah menemukan bahwa orang dewasa mungkin melakukan pekerjaan menghidrasi yang lebih buruk. Hingga 75i kita bisa mengalami dehidrasi kronis!

"Menjadi sedikit kekurangan air enggak akan membunuhmu," kata Corrine Dobbas, M.D., R.D, "tetapi dapat menurunkan kekuatan otot dan kemampuan aerobik dan anaerobik."

"Dalam kehidupan Anda sehari-hari, dehidrasi dapat menyebabkan kinerja mental yang buruk, sakit kepala, dan membuat Anda merasa lesu," katanya.

"Urinemu seharusnya berwarna kuning pucat atau sangat jernih," kata Dr. Dobbas, "Tetapi ada beberapa tanda lain yang kurang jelas bahwa tangki air Anda perlu diisi ulang." 

Jadi, bagaimana kamu tahu apakah kamu sudah minum cukup air?

Berikut ini, lima tanda dehidrasi terbesar yang harus diwaspadai.

1. Kelaparan

Ketika tubuh Anda menginginkan minuman dan dengan senang hati akan menerima sumber makanan serta segelas air putih. Itulah mengapa banyak orang menganggap mereka lapar ketika mereka mulai merasa lemah dan lelah.

Tetapi lebih sulit untuk terhidrasi melalui makanan, belum lagi lebih banyak serat dan kalori tinggi. Itulah sebabnya disarankan minum secangkir air sebelum makan untuk melihat apakah itu mengatasi rasa lapar dari perutmu.

Baca Juga: Waduh, Ternyata Kurang Minum Air Putih Bisa Menaikkan Berat Badan, lho!