Indonesia kini jadi negara yang mulai menyuarakan kesetaraan gender. Hal itu tentunya disambut baik oleh wanita-wanita di Indonesia. Khususnya para wanita karier yang sering merasa didiskrimasi. Hal itu sebelumnya jadi pertimbangan para wanita untuk percaya diri dalam menjalankan pekerjaannya.

Sebagai ibu dari tiga anak yang juga bekerja, Poppy Octavia selaku Chief Mom Officer Madre Indonesia membagikan tips agar wanita tetap percaya diri menjalani kariernya serta berperan sebagai ibu dan istri.

“Setiap orang punya goalsnya sendiri maunya kayak apa jadi enggak ada resepnya, rumusnya, benar atau salah. Setiap orang punya caranya masing-masing yang penting adalah enggak ada yang sempurna. Jalanin aja goals itu penting cuma jangan jadiin sesuatu yang bikin stres dan komunikasi dengan support system itu penting karena biar gimanapun kita enggak hidup sendiri ada satu saat kita butuh bantuan dari support system dan itu bukan sebuah kesalahan,” ujar Poppy saat di temui di daerah Panglima Polim, Jakarta Selatan, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga: Wanita Karier Sering Dinyinyirin Enggak Peduli Anak, Poppy Octavia Miris

Ia percaya bahwa setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi masalah yang dihadapi baik dalam pekerjaan ataupun dalam masalah mengurus anak. Untuk itu, perlu pintar-pintar dalam memilih waktu yang berharga untuk dihabiskan bersama keluarga.

“Semua itu punya caranya sendiri kok untuk ngatasinnya, pilih momen-momen terbaik dalam hidup yang kamu bisa luangin waktu sama anak, enggak semua hal bisa dilakukan tapi pasti ada hal yang mereka inget nanti kalau mereka udah besar,” tuturnya.

Jika pernah merasa diremehkan orang lain saat bekerja, Poppy berpesan untuk enggak usah ribut klarifikasi kemampuanmu, cukup buktikan dengan hasil kerja.

“Buktiinya dari hasil pekerjaan aja sebenarnya, enggak perlu bilang begini begitu karena kalau didunia pekerjaan kan result itu tangible ya. Jadi bicara lewat hasil aja aja. Aku pribadi enggak pernah diremehkan karena mungkin in my real life aku melakukannya tanpa klaim gitu kayak, kayak misalkan sabtu ada kerjaan, ajak anak aku. Jadi mereka lihat oh bisa ya ternyata kerja dan jadi seorang ibu. Enggak ada yang berbeda, mereka juga bisa lihat bahwa oh iya ya bisa juga jalanin keduanya kalau bagi tugas dan support systemnya dukung. Kayaknya karena itu makanya mereka nggak pernah remehin,” tuturnya.

Baca Juga: Kemajuan Teknologi Jadi Alasan Poppy Octavia Dirikan Madre Indonesia

Kuncinya, untuk wanita yang memutusukan untuk berkarier harus percaya diri dengan keputusan yang dipilih. Dan juga harus tanggung jawab dan sungguh-sungguh. Jangan pernah merasa salah dengan keputusan yang dipilih.

“Harus confident dengan apapun yang dipilih bahwa nyaman dengan keputusan ini, sadari bahwa pekerja adalah pilihan, bahwa enggak ada salah benarnya, enggak ada yang sempurna, bangun support system dengan benar. Jangan takut mau jadi apa yang dimau dan enggak ada yang perfect. Apa yang dipilih udah terbaik asal konsisten, berani dan tanggung jawab dengan apa yang dipilih, kalau udah mulai enggak nyaman enggapapa juga untuk mengaku bahwa itu bukan kesalahan. Apapun yang dipilih jangan merasa bersalah dengan pilihannya.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.