Menu

Setop Moms! Bisa Picu Kerusakan Otak, Ini Bahaya Ciki Ngebul Jajanan Anak Kekinian!

12 Januari 2023 07:45 WIB
Setop Moms! Bisa Picu Kerusakan Otak, Ini Bahaya Ciki Ngebul Jajanan Anak Kekinian!

Ilustrasi jajanan ciki ngebul. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setelah polemik soal obat sirup yang berbahaya untuk ginjal si kecil mereda, kini diketahui bahwa beberapa siswa SD keracunan setelah memakan jajanan kekinian yakni ciki ngebul.

Korban yang mengalami keracunan diketahui mengalami mual, sakit di perut, dan muntah-muntah.

Seperti yang diketahui, jajanan ciki ngebul biasanya dijual di pasar, pasar malam, atau di area sekolah tempat dan pinggir jalan di keramaian. Ciki ngebul yang penampilannya berupa kerupuk warna-warni, mirip seperti es krim,  lalu keluar asap dari jajanan itu sungguh menarik. 

Keluarnya asap dari makanan itu karena adanya nitrogen cair. Ketika jajanan dimakan, asap juga bisa dikeluarkan kembali dari mulut. Ini tentu menarik bagi bocah bahkan orang dewasa untuk menjajalnya. 

Namun siapa sangka, jajanan yang berunsur nitrogen cair itu berbahaya. Bahaya es krim nitrogen ini bahkan sudah dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sejak 2018 lalu.

Nitrogen cair dalam es krim disebut bisa membakar tenggorokan. Bahkan lembaga yang sama menyebut  temuan kasus ekstrem akibat mengonsumsinya adalah kerusakan internal pada organ dan mengancam jiwa, terutama bagi seseorang yang memiliki riwayat asma.

Baca Juga: Nikmat dan Tetap Sehat, Ini 9 Posisi Seks yang Bakar Banyak Kalori! Cuss Dicoba, Tunggu Apa Lagi Moms?!

Baca Juga: Salah Satunya Bikin Kulit Glowing, Ini Deretan Manfaat Bangun Pagi yang Wajib kamu Tahu! Yakin Masih Gak Mau Jadikan Kebiasaan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.