Menu

Ajari Anak-anak Cara Mengatur Emosi Mereka Sendiri dengan Beberapa Cara Ini

10 Desember 2020 16:10 WIB
Ajari Anak-anak Cara Mengatur Emosi Mereka Sendiri dengan Beberapa Cara Ini

Illustration of Spoiled Child (Fancy New Me/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Anak-anak yang sudah masuk TK sudah bukan lagi seorang balita, Moms, tetapi meskipun kosakata mereka semakin luas dan kemandirian mereka semakin meningkat, mereka masih dapat merasa terbebani oleh emosi yang kuat seperti kemarahan, kesedihan, ketakutan, dan kecemasan. 

"Otak mereka tumbuh dengan kecepatan tinggi dan emosi mereka tidak selalu mengikuti," kata Katie Hurley, psikoterapis anak dilansir dari Parents.com.

Ada beberapa manfaat mempelajari stabilitas emosi. Para peneliti di Arizona State University menemukan bahwa anak-anak yang menangani emosi yang menantang, lebih tangguh dan lebih baik dalam urusan memperhatikan. 

Dan sebuah studi dari University of North Carolina di Greensboro mengaitkan regulasi emosional anak-anak dengan kesuksesan akademis di masa depan, termasuk nilai matematika dan membaca yang lebih tinggi.

Berikut ini cara membantu anak prasekolah (atau yang sudah TK) dalam menangani emosi dan menghindari ledakan emosi.

1. Bantu Mereka Memberi Label Perasaan

Anak-anak bisa saja merasa marah dan emosi, tetapi mereka enggak tahu bahwa mereka sedang merasakan sesuatu yang namanya marah.

Anak-anak mengalami emosi mereka secara fisik, seperti melipat tangan di perut, tangan yang mengepal, atau air mata yang gak terkendali, tetapi mereka enggak selalu tahu apa arti perasaan itu. 

“Saat anak Anda mengalami emosi yang terlalu besar, beri label untuknya,” kata Lauren Knickerbocker, Ph.D., asisten profesor klinis di Pusat Studi Anak NYU Langone. 

Coba katakan, "Kamu sedih Nenek harus pergi, bukan?" atau "Oh, kamu emosi karena menara Legonya jatuh." 

Memberi nama untuk emosi yang datang dapat membantu anak-anak menemukan respons yang lebih tepat.

Baca Juga: Mudah Marah, Ini Cara Tiap Golongan Darah Mengatasi Emosinya!

Baca Juga: Jangan Ikutan Ngambek! Begini Cara Hadapi Suami yang Lagi Emosi Tingkat Tinggi

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: