Menu

3 Rekomendasi Beras Terbaik untuk Cegah Diabetes, Ayo Mulai Hidup Sehat Moms!

16 Januari 2023 16:55 WIB
3 Rekomendasi Beras Terbaik untuk Cegah Diabetes, Ayo Mulai Hidup Sehat Moms!

Ilustrasi nasi putih. (Unsplash/edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Nasi putih yang umumnya menjadi karbohidrat utama masyarakat Indonesia merupakan salah satu musuh bagi penderita diabetes. Pasalnya, dalam satu cangkir nasi putih mengandung 53,4 gram karbohidrat.

Nasi putih juga punya skor indeks glikemik yang tinggi. Artinya, nasi putih bisa memengaruhi kadar gula secara signifikan. Namun, jangan khawatir Moms.

Ada beberapa jenis beras yang bisa menggantikan nasi putih agar gula darah tak melonjak tinggi. Berikut adalah beberapa jenis beras yang direkomendasikan, diantaranya:

Beras merah

Mengutip dari Medical News Today, sebuah studi pada 2012 mengungkap bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi nasi merah per minggu memiliki risiko diabetes tipe 2 11 persen lebih rendah daripada orang yang jarang makan nasi.

Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa makan nasi merah dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, terutama jika beralih dari nasi putih ke nasi merah.

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara ke-3 Tertinggi Konsumsi Gula, Cut Memey Bagikan Tips Cegah Diabetes! Tertarik Coba Beauty?

Baca Juga: Gak Banyak Orang Tahu, Ini 4 Gejala Diabetes yang Jarang Disadari, Terakhir Bisa Menguras Energimu Nih Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.