Menu

Jajal Sekarang Beauty! Ini 6 Asupan Nutrisi untuk Jaga Berat Badan Ideal, Rugi Banget Kalau Gak Terapkan!

18 Januari 2023 14:40 WIB
Jajal Sekarang Beauty! Ini 6 Asupan Nutrisi untuk Jaga Berat Badan Ideal, Rugi Banget Kalau Gak Terapkan!

Wanita sedang menimbang berat badan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Kini berat badan ideal menjadi masalah utama bagi beberapa orang. Banyak sekali yang menjaga berat badannya agar tak berubah drastis sehingga bisa mempengaruhi penampilannya.

Bukan cuma itu, dengan memiliki berat badan ideal juga aktivitas sehari-hari bisa lebih maksimal dan terhindari dari penyakit dan obesitas lho Beauty! Itulah mengapa banyak sekali orang yang mencoba untuk menjaga tubuhnya agar tetap singset.

Menjaga berat badan agar ideal tentu bisa dikatakan sangat susah-susah gampang, terlebih lagi dalam mengatur asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga harus diperhatikan. Kali ini ada beberapa tips bagi kamu dalam memenuhi asupan nutrisi seimbang sekaligus sebagai trik dalam menjaga berat badan ideal.

1. Mengurangi Porsi Konsumsi Nasi Putih

Salah satu trik yang cukup sederhana yakni mengurangi mengkonsumsi nasi putih. Orang-orang Indonesia tentunya memiliki pemahaman belum makan berat jika belum memakan nasi karena mayoritas makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, khususnya nasi putih. Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih dalam porsi harian tentunya juga tak terlalu baik karena beresiko menimbulkan peningkatan berat badan dalam kurun waktu tertentu.

Dilansir dari situs hellosehat.com melalui sindikasi konten Suara.com, konsumsi nasi putih yang ideal dalam sekali santap berat adalah 1/3 dari jumlah porsi makananmu. 2/3 porsi lainnya bisa dikombinaksikan dengan sayuran yang kaya serat dan juga protein. Serat dan protein tentunya dapat membantu menekan rasa lapar lebih lama sekaligus memperlancar pencernaan. Hal ini tentunya sangat membantu jika kamu sedang masa menjaga berat badan.

2.  Memperbanyak Konsumsi Serat dan Protein

Memperbanyak mengkonsumsi makanan tinggi serat dan protein tentunya merupakan salah satu tips untuk menjaga berat badan proporsional. Menurut anjuran kementerian kesehatan Indonesia, orang normal umumnya memerlukan sekitar 250 gr serat setiap harinya untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, menurut Organisasi kesehatan Dunia, orang dewasa memerlukan kurang lebih sekitar 0,8 gr protein/kg berat badan. Artinya jika dirimu memiliki bobot sekitar 60 kg mak porsi ideal protein harianmu adalah 48 gr. Tentunya ini disesuaikan dengan bobot badan masing-masing orang.

Baca Juga: Nikmat dan Tetap Sehat, Ini 9 Posisi Seks yang Bakar Banyak Kalori! Cuss Dicoba, Tunggu Apa Lagi Moms?!

Baca Juga: Salah Satunya Bikin Kulit Glowing, Ini Deretan Manfaat Bangun Pagi yang Wajib kamu Tahu! Yakin Masih Gak Mau Jadikan Kebiasaan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.