Menu

Bukan Berarti Cengeng, Ini Sederet Manfaat Menangis yang Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?

18 Januari 2023 10:55 WIB
Bukan Berarti Cengeng, Ini Sederet Manfaat Menangis yang Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?

Ilustrasi wanita yang sedang menangis.(Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, menangis bukan berarti menandakan kita sebagai seseorang yang cengeng. Ya, menangis adalah hal wajar yang dibutuhkan oleh semua orang saat situasi tertentu sebagai ungkapan emosionalnya.

Bahkan, menangis juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh lho Moms. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya, seperti dilansir dari laman Hello Sehat, Rabu (18/1/2023), antara lain:

1. Menjaga fungsi mata

Menangis merupakan salah satu cara untuk menghidrasi kembali mata. Sebab, menangis membuat kemampuan mata dalam memfokuskan objek menjadi lebih tajam.

Manfaat menangis lainnya yakni melindungi mata dari berbagai zat asing yang membahayakan, seperti debu dan kotoran. Partikel kecil yang beterbangan itu dapat masuk ke mata dan menyebabkan iritasi.

Selain itu, air mata juga mengandung lisozim, yakni bahan kimia antibakteri kuat yang membantu melawan infeksi.

2. Membersihkan hidung

Saat menangis, hidung akan ikut berair dan mengeluarkan lendir, yang kemudian bisa membersihkan saluran di hidung. Oleh karena itu, ketika menangis, air mata tidak hanya membersihkan mata tapi juga saluran hidung dari berbagai iritan (zat yang mengiritasi).

Baca Juga: Senin Jadi Lebih Happy, Ini Tips Me Time Tanpa Rasa Bersalah untuk Ibu Rumah Tangga! Hati Senang Stres Minggat Moms!

Baca Juga: Healing Nomor 1, Ini 4 Zodiak yang Doyan Berpetualang! Pokoknya Mental Lebih Utama, Kamu Salah Satunya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari