Menu

Meski Terbukti Sehat, Penderita Batu Ginjal 'Haram' Mengonsumsi 3 Buah Ini, Buruan Hindari Ya Beauty!

20 Januari 2023 12:15 WIB
Meski Terbukti Sehat, Penderita Batu Ginjal 'Haram' Mengonsumsi 3 Buah Ini, Buruan Hindari Ya Beauty!

Ilustrasi wanita mengalami sakit ginjal (Shutterstock/Fizkes)

HerStory, Surabaya —

Beauty, penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan kondisi akibat terbentuknya endapan pada di dalam ginjal yang berasal dari zat kimia dalam urine.

Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, yaitu dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Ukurannya bisa sekecil butiran pasir hingga sebesar kacang polong.

Karenanya, penderita batu ginjal wajib memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan, Beauty.

Melansir dari laman Healthline, Jumat (20/1/2023), berikut ini buah-buahan yang mengandung oksalat tinggi dan berbahaya untuk penderita batu ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Kiwi

Kiwi termasuk dalam daftar buah tinggi oksalat yang perlu diwaspadai. Buah kiwi berukuran rata-rata biasanya mengandung lebih dari 25 miligram oksalat.

Namun, bukan berarti pengidap batu ginjal enggak bisa mengonsumsi kiwi sama sekali, hanya saja jumlahnya harus dibatasi untuk mengurangi kandungan oksalatnya.

Baca Juga: Demen Makan Terong? Ternyata Gak Baik untuk Kesehatan Lho Moms, Efeknya Bisa Picu Penyakit Batu Ginjal, Simak Penjelasannya!

Baca Juga: Duh Ngeri... Ini 5 Tanda Ginjal Rusak pada Wanita, Beauty Wajib Waspada Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.