Menu

Mau Sehat dan Umur Panjang? Ini 3 Tips Mudah Menerapkan Pola Gizi Seimbang Menurut Ahli Gizi, Cuss Praktekkin Beauty!

25 Januari 2023 06:05 WIB
Mau Sehat dan Umur Panjang? Ini 3 Tips Mudah Menerapkan Pola Gizi Seimbang Menurut Ahli Gizi, Cuss Praktekkin Beauty!

Seorang wanita sedang mengonsumsi buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pasca-pandemi, kini masyarakat Indonesia dinilai semakin selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Ya, masyarakat kini lebih mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan saat memilih produk makanan dan minuman, baik saat makan di rumah maupun di luar. 

Nah, bagi kamu yang ingin memulai pola hidup sehat, tentunya kamu harus lebih aware dan memerhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari, ya Beauty. 

Terkait hal itu, Tokopedia bersama Dokter Spesialis Gizi dari RS Pondok Indah (RSPI), dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK., pun membagikan 3 tips mudah menerapkan pola gizi seimbang. Apa saja?

1. Utamakan sumber bahan pangan lokal

Dikatakan dr. Juwalita, bagi kamu yang ingin memulai pola hidup sehat, ia menyarankan untuk mengutamakan sumber pangan lokal yang ada di sekitar.

Pangan sumber karbohidrat misalnya tak melulu nasi, tetapi juga bisa singkong dan bahan pangan lokal lainnya yang memiliki nilai nutrisi lebih banyak.

“Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Misalnya, banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, misalnya umbi-umbian atau makanan berbahan singkong,” jelas dr. Juwalita, saat offline media gathering Tokopedia di Blue Jasmine Restaurant, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2023).

Adapun kata dr. Juwalita, contoh sumber pangan lokal yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diusung Rumah Mocaf dan makanan vegan khas Nusantara oleh Loka Padang.

Baca Juga: Lagi Tren di TikTok, Apa Sih Peach Gum dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh? Rugi Banget Lho Kalau Gak Coba!

Baca Juga: Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dan Kelestarian Bumi, Green Rebel Luncurkan Kampanye Veganuary, Mau Ikutan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.