Menu

Angkat Isu Lingkungan, Mengulik Makna Mendalam di Balik Pameran Karya Kita Bertajuk 'Rumah Kita': Tempat Kembali dan Pulih

22 Februari 2023 17:35 WIB
Angkat Isu Lingkungan, Mengulik Makna Mendalam di Balik Pameran Karya Kita Bertajuk 'Rumah Kita': Tempat Kembali dan Pulih

Konferensi pers pameran instalasi Karya Kita: Rumah Kita (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pameran instalasi Karya Kita dengan tema ‘Rumah Kita’ yang dipersembahkan oleh TACO dengan kolaborasi bersama Sejauh Mata Memandang dan Grand Indonesia ini rupanya memiliki makna mendalam dengan mengangkat isu lingkungan.

Pertama kita bisa membahas kata ‘rumah’ yang menjadi bagian dari tema. Anastasia Tirtabudi selaku Vice President Brand Marketing & Corp. Communication TACO menjelaskan bahwa rumah merupakan tempat pulang setiap orang untuk kembali memulihkan energi setelah kelelahan seharian.

“Semua merasa kalau kita lelah, capek, yang paling enak adalah kembali ke rumah. Rumah merupakan suatu dasar di mana kita mengembalikan energi dan rasa kebahagiaan. Sumber energi yang luar bisa. Merupakan suatu energi kreatif yang mana mencari ide bisa nongkrong di rumah,” terangnya dalam konferensi pameran instalasi Rumah Kita di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (22/2/2023).

“Kita sebagai makhluk hidup harus kembali melangkah ke rumah. Rumah adalah sumber kehidupan,” sambungnya.

Sedangkan kata ‘kita’ merujuk pada misi TACO yang selalu gencar melakukan kolaborasi. Anastasia menjelaskan bahwa TACO merupakan perusahan yang gak bisa bergerak sendiri tanpa adanya kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kata kita adalah value dasar brand TACO, dan kita untuk berkembang gak bisa sendirian harus bersama. Kolaborasi menjadi dasar untuk mengmbangkan TACO dan partner kami,” jelasnya.

Selain itu, ia menegaskan bahwa kolaborasi akan bermanfaat untuk perkembangan industri kreatif. Dengan begitu, banyak bisnis lokal yang juga mendapatkan keuntungan dari setiap program kerja sama.

“Kolaborasi kreatif itu dirasa sangat mendasar karena brand lokal seperti TACO itu gak bisa berkembang sendirian, jadi kita berkreasi bersama pelaku bisnis lain. Kita punya bisnis yang sama yaitu mengembangkan bisnis lokal dan mengmbangkan ekonomi kreatif,” ungkap Anastasia.

Dalam instalasi yang akan dipamerkan dari tanggal 22 Februari hingga 12 Maret 2023 itu kamu bisa menyaksikan suasana baru berupa hutan, Beauty. Ada berbagai representasi hutan yang diangkat di tengah pusat perbelanjaan, yaitu pepohonan, satwa, dan gak lupa banyak informasi seputar isu lingkungan yang juga tersaji.

“Konsepnya kita mengangkat ke rumah kita yang mana contoh konkretnya adalah hutan. Ini merupakan ekspresi kreatif dari hutan. Ada 3 pohon besar yang mengakar dan memberikan suasana berbeda (dari kota) karena di hutan tercipta nuansa yang menenangkan,” ungkapnya.

“Ada beberapa makhluk hidup yang coba kita tampilkan, yaitu gajah, badak, orang utan, dan harimau sebagai binatang yang perlu dilestarikan,” lanjutnya.

Kenapa pilih hutan sebagai tajuk pameran Rumah Kita?

Beauty, pemilihan hutan sebagai representasi rumah dalam pameran ini bukanlah tanpa alasan yang jelas. Chitra Subyakto selaku Founder & Creative Director Sejauh Mata Memandang menjelaskan bahwa hutan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan.

Ia menegaskan bahwa bumi sebagai tempat tinggal manusia sudah seharusnya dilestarikan. Oleh karena itu, setiap orang harus bijak dan bertanggung jawab akan kelestarian bumi.

“Rumah itu adalah bumi kita di mana kita tinggal bersama, bukan hanya kita dan keluarga tetapi bersama 8 miliar orang di bumi. Kita gak boleh egois dan harus memperhatikan setiap langkah keputusan yang kita ambil, harus bertanggung jawab. Untuk anak cucu kita, seperti apa sih yang ingin kita wariskan,” menurut Chitra.

Melalui kolaborasi dalam pameran instalasi ini diharapkan masyarakat semakin sadar akan isu lingkungan. Belum lagi penyajian informasi dilakukan secara menarik lewat pameran yang unik dan penuh warna.

Tentunya sebagian besar produk yang digunakan di instalasi ini merupakan hasil daur ulang sehingga ramah lingkungan, Beauty. Banyak produk bekas acara TACO sebelumnya kembali difungsikan dan di-upcycle untuk pameran kali ini.

“Dengan kolaborasi, kita bisa bawa isu yang berat dengan visual yang kreatif dan menarik. Orang datang melihat karya yang menarik yang terbuat dari recycle dan upcycle. Selagi melihat produk ada pesan kesan yang menarik dan menyenangkan,” terangnya.

“Semua produk sudah diupcycle yang mana diguna ulang dari produk yang sudah dipakai dari pameran sebelumnya,” tandasnya.

Beauty, kamu bisa menyaksikan pameran instalasi Karya Kita dengan tema ‘Rumah Kita’ di mall Grand Indonesia, Jakarta. 

Baca Juga: Sejauh Mata Memandang Hadirkan Pameran di Plaza Indonesia, Intip Yuk Beauty!

Baca Juga: Spesial di IndoBuildTech Expo 2024, TACO Hadirkan Desain Interior dengan Kesan Luxury Menggunakan Produk Unggulannya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan