Masuknya virus corona ke Indonesia, membuat semua masyarakat cemas. Sudah banyak masyarakat yang positif terkena virus corona. Presiden Joko Widodo telah mengakui bahwa pihak pemerintah sengaja tak banyak membuka informasi penanganan virus corona agar masyarakat tak semakin cemas. 

Dilansir dari goodhousekeeping.com, perasaan cemas dalam menanggapi sesuatu ternyata termasuk sifat alami tubuh yang normal, lho. Hal tersebut disampaikan oleh profesor psikiatri di Weill-Cornell School of Medicine New York-Presbyterian Hospital, Gail Saltz, M.D.

"Karena saat ini ada banyak hal yang menimbulkan kecemasan. Ini adalah evolusi, normal, dan sehat untuk memiliki kecemasan dalam reaksi terhadap sesuatu, dengan tingkat kepedulian yang sesuai," ujar Gail Saltz.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Hindari Stres hingga Rajin Berolahraga

Apabila kecemasan kamu berubah menjadi ketakutan, kamu tetap bisa menenangkan diri dengan baik. Kamu bisa kendalikan kecemasanmu dengan melakukan 5 cara ini!

1. Jangan coba menangkal perasaan cemas

Perasaan cemas dalam menghadapi informasi-informasi yang beredar mengenai virus corona, sebaiknya jangan ditangkal. Kecemasan itu membantu kita untuk bersiap-siap dan aman. Semakin kita tidak mau menerima kecemasan, semakin banyak kecemasan kita meningkat. Jadi, berlatihlah membiarkan kecemasan hadir dan mengingatkan dirimu sendiri bahwa cemas adalah hal yang wajar.

2. Jangan terfokus pasa berita negatif

Kasus virus corona yang terjadi di Indonesia memang semakin banyak. Namun, cobalah untuk tidak terfokus pada berita yang negatif saja. Kamu juga harus memperhatikan berita positif tentang virus corona di Indonesia, seperti orang-orang yang bisa sembuh dari virus tersebut.

3. Aktif berolahraga

Dokter Gail Saltz mengatakan bahwa berolahraga atau bermeditasi dapat melawan beberapa gejala fisiologis dari kecemasan seperti berkeringat, mual, tegang tubuh, atau pikiran yang terus-menerus mengganggu.

4. Konsumsi makanan yang sehat dan tidur tepat waktu

Hindari mengonsumsi alkohol. Kamu harus mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Selain itu, menjaga pola tidur juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres, lho.

5. Tetap komunikasi dengan keluarga dan sahabat

Jangan khawatir, apabila kamu harus melakukan isolasi di rumah kamu masih bisa berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat. Kamu bisa gunakan teknologi seperti telepon atau video call dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.