Sudah hampir satu tahun pandemik Covid-19 melanda Indonesia. Sampai saat ini belum bisa dipastikan kapan situasi pandemik akan berakhir. Bahkan angka pasien penderita Covid-19 pun terus bertambah setiap harinya. 

Melihat situasi pandemik yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, banyak masyarakat yang sudah merasa jenuh dan bosan akan kondisi saat ini. Banyak dari mereka yang telah mengabaikan dan tak menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Kondisi tersebut disebut sebagai pandemic fatigue

Mengutip dari kompas.com (13/01/2021), Ketua Prodi Magister Kedokteran Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dewi Soemarko menjelaskan, pandemic fatigue merupakan satu kondisi di mana orang sudah lelah melakukan satu hal yaitu protokol kesehatan di masa pandemik. 

Menurut WHO, pandemic fatigue adalah hal yang wajar jika dialami oleh masyarakat saat ini. Namun perlu diingat, apabila kita mengabaikan protokol kesehatan, maka hal tersebut akan membuat tubuh lebih rentan terpapar virus Covid-19 yang tentunya dapat menyebabkan semakin lama situasi pandemik ini berakhir. 

Baca Juga: Bencana Alam 'Hantui' Indonesia, Bagaimana Upaya Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian? | Infografis