Virus corona yang sedang mewabah di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan peraturan untuk meliburkan sekolah selama dua minggu dan kerja dari rumah atau disebut Social Distance. Hal itu dilakukan demi menurunkan risiko tertularnya penyakit COVID-19. Dengan seruan #dirumahaja, banyak selebritis yang mengajak masyarakat untuk mengisolasi diri sendiri di rumah tanpa bersosialisasi. Salah satunya ada Najwa Shihab.

Melalui akun instagramnya, ia mengungkapkan bahwa @narasi.tv sejak hari ini sudah menerapkan kerja di rumah atau work from home. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu upayanya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Dicibir Warganet Akibat Salah Ucap Pancasila, Najwa Shihab Bela Kalista Iskandar

"Senin 16 Maret 2020. Hari ini saya dan teman-teman @narasi.tv mulai kerja dari rumah. Hanya untuk keperluan yang penting dan tidak bisa diwakilkan saja, baru kami beraktivitas di luar rumah. Bagian dari upaya kita bersama untuk mencegah penyebaran virus corona," tulisnya.

View this post on Instagram

Senin 16 Maret 2020. Hari ini saya dan teman-teman @narasi.tv mulai kerja dari rumah. Hanya untuk keperluan yang penting dan tidak bisa diwakilkan saja, baru kami beraktivitas di luar rumah. Bagian dari upaya kita bersama untuk mencegah penyebaran virus corona. Ini bukan tentang kesehatan pribadi saja, ini tentang keselamatan kita semua. Lebay? Berlebihan? Jauh dari itu. Covid-19 adalah virus yang sangat baru, ada banyak hal yang belum kita tahu soal virus ini. Tapi yang pasti virus ini punya kemampuan menyebar dengan sangat cepat dan orang yang terinfeksi walaupun tanpa gejala bisa menularkan ke siapa saja. Jadi harus bagaimana? Jaga jarak, hindari keramaian, #dirumahaja. Saya tahu ini sulit untuk dilakukan semua orang, tidak semua dari kita punya pilihan untuk melakukan itu. Tapi kenyataannya memang langkah itu adalah cara yang sudah terbukti efektif di negara lain. Hari ini, berprilaku soliter bisa menjadi tindakan solider. Soliter adalah solidaritas. Jaga jarak, hindari keramaian, #dirumahaja. #catatannajwa

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on Mar 15, 2020 at 8:48pm PDT

Ibu dua orang anak itu juga menjelaskan bahwa COVID-19 merupakan virus baru yang belum banyak diketahui oleh sebab itu kita harus menanggapinya dengan serius. Tak hanya itu, virus corona juga penyebarannya sangat cepat dan banyak yang terjangkit tanpa adanya gejala.

"Ini bukan tentang kesehatan pribadi saja, ini tentang keselamatan kita semua. Lebay? Berlebihan? Jauh dari itu. Covid-19 adalah virus yang sangat baru, ada banyak hal yang belum kita tahu soal virus ini. Tapi yang pasti virus ini punya kemampuan menyebar dengan sangat cepat dan orang yang terinfeksi walaupun tanpa gejala bisa menularkan ke siapa saja," tambahnya.

Baca Juga: Soal Pernikahan, Agnez Mo Curcol ke Najwa Shihab: Aku Merasa Direndahkan!

Menurutnya hal ini memang enggak mudah untuk dilakukan, namun demi keselamatan bersama ia mengajak para pengikutnya untuk jaga jarak, menghindari keramaian, dan diam saja di rumah. Hal itu sudah terbukti efektif untuk menurunkan jumlah orang yang terjangkit virus corona.

"Jadi harus bagaimana? Jaga jarak, hindari keramaian, #dirumahaja. Saya tahu ini sulit untuk dilakukan semua orang, tidak semua dari kita punya pilihan untuk melakukan itu. Tapi kenyataannya memang langkah itu adalah cara yang sudah terbukti efektif di negara lain. Hari ini, berprilaku soliter bisa menjadi tindakan solider. Soliter adalah solidaritas. Jaga jarak, hindari keramaian, #dirumahaja," tutupnya.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.