Virus corona atau COVID-19 mulai muncul sejak Desember 2019 lalu, dan kini hampir seluruh negara di dunia sudah merasakan pandemi virus dan penyakit yang ditimbulkan dari COVID-19. Di Indonesia penyebaran COVID-19 ini sudah 134 positif kasus, 8 sembuh dan 5 meninggal dunia. Hal ini membuat Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), berkerja sama dengan PT Unilever Indonesia menggelar sebuah forum diskusi.

Forum ini membahas soal kewaspadaan industri rumah sakit untuk menghadapi wabah COVID-19 yang menimbulkan kepanikan di masyarakat. Selain itu, dibahas pula cara meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk mencegah tertular virus tersebut. Salah satunya adalah menjaga kebersihan tangan. Hal sederhana ini sangatlah penting guna melindungi diri, keluarga, dan lingkungan.

Baca Juga: Ternyata Ini Lho, Alasan Kenapa Harus Cuci Tangan Selama 20 Detik

Maulani Affandi selaku Head of Skin Cleansing and Baby PT Unilever Indonesia menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya cuci tangan dengan sabun. Meski sejak tahun 2004 brand Lifebuoy telah aktif berkampanye tentang pentingnya cuci tangan, kali ini Lifebuoy lebih giat lagi melakukannya.

Saat ini tajuk kampanye itu adalah "Lima langkah lawan Covid- 19". Kelima langkah tersebut ialah cuci tangan terutama di 5 saat penting, menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol saat berada di luar rumah, waspada selalu terhadap bersin dan batuk menggunakan masker atau tisu, ajak kerabat dan keluarga yang sakit segera ke dokter, no kontak terhadap hewan liar dan binatang ternak tanpa perlindungan.

Cuci tangan terutama di 5 saat penting

Cuci tangan di 5 saat penting merupakan ajakan yang ingin disampaikan oleh Lifebuoy ke masyarakat.

Kelima waktu tersebut adalah sebelum dan sesudah makan pagi, sebelum makan siang, sebelum dan sesudah makan malam, setelah bermain, dan setelah ke toilet.

"Edukasi cuci tangan pada waktu yang tepat ini menyasar berbagai pilar lapisan masyarakat, dari mulai sekolah, ibu-ibu PKK, pasar tradisional, dan lainnya dalam skala nasional," kata Maulani Affandi.

Baca Juga: Edukasi 5 Langkah LAWAN Coronavirus!

Rumah Sakit juga salah satu pilar penting bagi Lifebuoy dalam menyebar luaskan kebiasaan cuci tangan. Maka dari itu, merekyang di bawah naungan PT Unilever ini secara simbolis menyerahkan dukungan berupa produk sabun cuci tangan ke 8 rumah sakit rujukan, yang tersebar di wilayah Jakarta.

Maulani berharap dukungan ini akan semakin membantu meningkatkan kewaspadaan rumah sakit dalam menangkal penyebaran virus COVID-19 di masyarakat dan juga petugas kesehatan.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.