Merebaknya virus Corona atau COVID-19 telah memasuki tahap pandemi. Setiap orang harus melindungi diri, salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, misalnya dengan tidur cukup minimal 7 jam, mengurangi stres, rajin mencuci tangan, hingga mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk memperkuat tubuh dalam melawan patogen yang masuk:

Baca Juga: Dear Beauty, Yuk! Konsumsi 3 Vitamin Ini untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Sup ayam

Makanan yang biasanya dikonsumsi hangat-hangat ini memang sudah lama dikenal sebagai “obat flu” yang ampuh. Sup yang terdiri dari daging ayam dan berbagai sayuran ini bernutrisi tinggi dan mengandung air. Dua hal yang dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan sakit.

Probiotik

Probiotik sering disebut juga sebagai bakteri baik dalam usus. Mikroorganisme yang bermanfaat ini merupakan pertahanan pertama dalam usus dan juga melindungi seluruh organ dalam sebelum ada patogen yang ikut masuk dalam aliran darah.

Makanan yang kaya probiotik antara lain yogurt tanpa gula, kefir, miso, hingga kombucha. Walau di pasaran ada suplemen probiotik, tapi ahli nutrisi lebih merekomendasikan dalam bentuk makanan yang utama.

Protein

Protein hewani tanpa lemak dan juga protein nabati juga akan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara melancarkan proses pergantian sel.

Baca Juga: PENTING! Perhatikan 5 Hal Ini Saat Cuci Tangan

Air

Jika kita sedang menghindari penyakit flu atau mempercepat pemulihan, konsumsi air yang cukup sangatlah penting. Hindari mengonsumsi jus buah karena hal ini akan membuat lonjakan gula darah, sehingga kita akan merasa lebih lelah.

Cairan tubuh harus ditingkatkan untuk melawan infeksi. Karena itu lebih dianjurkan mengonsumsi tambahan dua gelas air dari asupan minum sehari-hari.

Baca juga: Daftar Rumah Sakit Rujukan per Provinsi dan Nomor Kontaknya untuk Wabah Corona

Vitamin

Cukupi kebutuhan tubuh akan vitamin, terutama vitamin C, D, A, dan E. Vitamin C akan membantu melindungi tubuh dari infeksi dan juga merangsang antibody untuk melawan penyakit. Demikian juga dengan vitamin A yang banyak terdapat dalam brokoli, wortel, hingga ubi merah.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Tubuh kita memproduksi vitamin ini terutama dari sinar matahari. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D antara lain seafood, jamur, telur, dan makanan yang diperkaya vitamin.

Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Asupan vitamin ini yang cukup juga akan membantu tubuh melawan penyakit menular. Kita bisa mendapatkan vitamin ini dari kacang hazelnut, selai kacang, serta sayuran hijau.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.