Dengan maraknya wabah virus corona atau COVID-19, mencuci tangan merupakan hal dasar yang harus dilakukan untuk menghindari tertularnya virus corona. Mencuci tangan dengan bersih kedengaran seperti hal remeh-temeh. Tapi jangan keliru, langkah sederhana ini terbukti sakti menangkal berbagai kuman maupun virus yang hendak menginfeksi tubuh.

Tapi apakah mencuci tangan cukup dengan air mengalir aja? Nah, Beauty yuk simak hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar cuci tangan kamu enggak sia-sia.

Baca Juga: Ini Lho, 5 Saat Penting Mencuci Tangan!

Baca Juga: Ternyata Ini Lho, Alasan Kenapa Harus Cuci Tangan Selama 20 Detik

Basahi tangan

Basuh tangan dengan air yang bersih dan mengalir selama 20 detik. Jangan gunakan air yang ada di baskom atau kubangan.

Gunakan Sabun

Setelah membasahi tangan, gunakan sabun yang mengandung antiseptik. Ini penting, karena tujuan mencuci tangan adalah menghilangkan kuman. Ingat, sabun yang sekadar wangi atau hanya memiliki kandungan parfum, tak manjur untuk mematikan kuman atau mikroorganisme lain yang menempel di tangan.

Telusuri bagian tangan

Jangan lupa gosokkan sabun ke telapak dan punggung tangan. Saat membersihkan tangan, telusuri pula sela-sela jari. Selain itu jangan lupa bersihkan kuku. Anda bisa menggesekkan ujung-ujung kuku ke telapak tangan secara bergantian, satu sama lain.

Baca Juga: Edukasi 5 Langkah LAWAN Coronavirus!

Bilas dan keringkan

Setelah seluruh tahapan dilakukan, bilas tangan menggunakan air bersih dan mengalir. Setelah itu keringkan menggunakan handuk, tisu atau dianginkan. Namun jika Anda dalam perjalanan atau daerah terpencil, bisa cukup menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) atau tisu basah. Tapi pastikan keduanya harus mengandung antiseptik.

Rutin

Jadikan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sebagai rutinitas. Tak perlu terlalu sering, lakukan aja secara berkala. Apalagi sehabis menyentuh berbagai instalasi umum atau setelah menyambangi ruang-ruang publik. Sebab Beauty enggak pernah tahu di mana virus dan kuman itu menempel. Maka ada baiknya sebelum menyentuh bagian tubuh yang sensitif, pastikan tangan Beauty bersih.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.