Penyebaran wabah COVID-19 yang cukup signifikan di Indonesia, membuat sejumlah tempat yang biasa dikunjungi banyak orang harus ditutup. Mulai dari rekreasi wisata hingga tempat berolahraga atau gym sekali pun. Buat Beauty, yang sering nge-gym kamu enggak perlu khawatir karena enggak bisa berolahraga di saat merebaknya virus corona seperti saat ini. Banyak olahraga rumahan yang bisa kamu lakukan dan membuat tubuhmu tetap sehat.

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dapat menjaga imun tubuh tetap stabil. Imun tubuh yang kuat dapat menghalau berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh, termasuk virus corona. Selain itu, dengan olahraga kamu enggak perlu takut untuk berat badan bertambah apalagi saat WFH atau Work From Home yang menjadi salah satu kebijakan pemerintah sebagai bagian dari isolasi diri.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Hindari Stres hingga Rajin Berolahraga

Mengutip dari The Sun, Selasa (17/3/2020) menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, orang yang berolahraga lima hatau lebih dalam seminggu menghabiskan 46 persen lebih sedikit terkena virus flu atau pernapasan dibandingkan mereka yang berolahraga seminggu sekali atau enggak sama sekali.

"Karena berolahraga dapat membantu mendukung sirkulasi yang baik, ini memungkinkann sel-sel tubuh melakukan perjalanan melalui tubuh secara lebih efektif," kata Frankie Brogan, Ahli Nutrisi Senior di Pharma Nord, United Kingdom.

Lantas apa saja olahraga rumahan yang bisa dilakukan tanpa harus pergi nge-gym? Daripada penasaran, berikut HerStory rangkum tujuh diantaranya seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa (17/3/2020):

Squat

Times of India menyarankan untuk melakukan squat yang juga bisa dilakukan di rumah. Gerakan ini dipercaya dapat mengecilkan lingkar paha serta memperkuat otot paha, lengan, dan juga perut. Squat juga mampu mengurangi tumpukan lemak yang sering bersarang dibagian-bagian yang sudah disebutkan. Biar optimal, lakukan gerakan ini 10-15 kali ya, Beauty.

Pushup

Kalau kamu punya lemak tangan berglambir coba deh lakukan gerakan push up.Gerakan ini dapat melatih otot lengan, dan juga bahu. Biar hasil lebih maksimal, lakukan gerakan ini 10-20 kali setiap paginya. Gampang kan?

Yoga

Yoga menjadi alternatif yang tepat untuk tetap berolahraga tanpa harus keluar rumah. Untuk menghindari risiko cedera, kamu engggak perlu melakukan gerakan yang rumit. Kamu bisa melakukan gerakan yoga sederhana, seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Lompat tali

Kamu juga bisa melakukan lompat tali atau skipping kalau mau mencari olahraga yang sedikit berkeringat. Skipping juga membantu meregangkan otot-otot yang kencang. Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan ya, Beauty. Kalau kamu kuat, kamu bisa melakukan olahraga ini 15-20 menit setiap harinya.

Olahrahga kardio

Her Beauty menyarankan untuk melakukan olahraga kardio. Tanpa membutuhkan peralatan, olahraga ini dikenal efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menvegah terjadinya gangguan pda jantung. Beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan di antaranya ialah high knee, burpee, atau cross jack.

Baca Juga: Ampuh! 5 Gerakan Olahraga Ini Bikin Paha dan Betis Kecil!

Jogging

Jogging enggak selamanya harus di luar rumah kok. Kamu juga bisa melakukan jogging di rumah dengan berlari di tempat atau melakukan treadmil. Gampang banget kan?

Dancing

Buat kamu yang hobi dancing atau menari, juga bisa nih dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk tetap mengeluarkan keringat di dalam rumah. Kamu bisa menari dengan diiringi musik favorit. Menarin menjadi solusi untuk hidup sehat meski berada di dalam rumah.

Aerobik atau zumba

Meski aerobik atau zumba lebih enak kalau dilakukann ramai-ramai di tempat gym, kamu juga bisa melakukannya di rumah kok. Apalagi dalam masa isolasi diri seperti saat ini. Biar lebih asyik, mungkin kamu juga bisa mengajak anggota keluarga dengan tetap menjaga jarak dengan mereka.

Gimana Beauty, gampang banget  buat dilakukan kan? Keep Healthy!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.