Menu

Serba-Serbi Jadi Pemimpin Wanita ala Dian Kurniawati: Kadang Saya Kena Imposter Syndrome

19 Mei 2023 11:15 WIB
Serba-Serbi Jadi Pemimpin Wanita ala Dian Kurniawati: Kadang Saya Kena Imposter Syndrome

Dian Kurniawati selaku Founder Tridi Oasis (Dok. Istimewa/Edited by HerStory)

HerStory, Depok —

Menjadi pemimpin wanita tentunya mengundang banyak tantangan akibat banyaknya stigma soal kepemimpinan di tangan wanita. Namun, bukan berarti hal ini menjadi penghalang bagi wanita untuk terjun ke dunia karier bahkan menjadi seorang pemimpin.

Hal tersebut dibuktikan oleh Dian Kurniawati selaku Founder dan Direktur Tridi Oasis. Sebagai wanita, ia berhasil membangun bisnis yang bergerak di bidang lingkungan sejak 2017.

Dalam bincang-bincang bersama HerStory, Dian mengaku bahwa tentu saja ada tantangan yang ia rasakan sebagai pemimpin wanita. Satu hal yang kerap ia rasakan adanya munculnya imposter syndrom.

Ini merupakan sebuah rasa kurang nyaman akibat munculnya pemikiran soal ketidakmampuan diri hingga merasa gak kompeten untuk berada di lingkungan sekitar.

Dian mengaku perasaan ini muncul kala ia dihadapkan dengan situasi yang dipenuhi oleh pria dan orang-orang yang lebih senior atau berpengalaman. Menurutnya bidang yang digelutinya ini kerap diduduki oleh para pria sehingga muncul rasa keraguan dalam dirinya.

“Negatifnya mungkin lebih ke imposter syndrome. Misal aku meeting sama yang semuanya cowok yang posisinya (jabatan dan pengalaman) sudah tinggi, berasal dari perusahaan asing atau multinasional, sedangkan kita cewek masih muda di dalam bawah sadar mikir ‘gua didengerin gak ya?’ Kadang gitu,” ujar Dian.

Baca Juga: Berawal dari Rasa Cinta Alam, Intip Perjalanan Dian Kurniawati Membangun Tridi Oasis!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: