Kasus pasien yang positif terinfeksi virus corona semakin menjadi-jadi. Seperti yang tercantum dalam laman kanalcovid19.id, di Indonesia sudah mencapai angka 369 kasus positif pasien yang terdampak virus Corona. Beauty, mungkin kamu sudah tahu betul kalau gejala umum virus Corona itu mulai dari demam, batuk, pilek hingga sesak napas. Tapi, tahu enggak sih bagaimana gejala itu berkembang?

Sebuah penelitian terhadap hampir 140 pasien di Rumah Sakit Zhongnan, Universita Wuhan mengidentifikasikan pola khas gejala yang terkait dengan virus Corona. Sekitar 99% pasien mengalami suhu tunggi, sementara lebih dari setengahnya mengalami batuk kering. Sepertiga lainnya juga mengalami nyeri otot dan sesak napas. 

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Ini Lho Perbedaan ODP, PDP, dan Suspect pada Pasien Virus Corona

Penelitian dari Pusat Pengendalian China menunjukkan kalau sekitar 80% kasus diketahui mengidap gejala ringan. Sekitar 15% menderita kasus yang parah, dan 5 persen lainnya bisa dibilang kritis.

Perlu Beauty ketahui, kalau gejala ini berkembang dari hari ke hari. Seperti yang dilansir dari laman Business Insider, Senin (21/3/2020), berikut perkembangan gejala virus Corona dari hari ke hari:

Hari ke-1

Di hari pertama pasien akan mengalami gejala demam. Kemungkinan besar mereka juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot, dan juga batuk kecil. Sebagian kecil mungkin pula mengalami diare atau mual, satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

Memasuki hari ke-5, pasien kemungkinan akan  mengalami kesulitan bernafas atau sesak napas. Terutama pada pasien lanjut usia atau yang memiliki riwayat penyakit lainnya.

Hari ke-7

Pada hari ini rata-rata sejumlah pasien akan mulai dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Bertambah 60 Kasus, Total Pasien Positif COVID-19 di Indonesia Jadi 369 Orang

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Begini 4 Fase Virus Corona yang Menyerang Tubuh

Hari ke-8

Di hari ke-8 pasien yang mengalami kondisi parah, sekitar 15 persen pasien mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Suatu penyakit yang terjadi ketika cairan mulai memenuhi paru-paru. Gangguan ini sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10

Ketika gejala mulai memburuk, pasien akan dipindahkan ke ruang ICU untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Biasanya, para pasien akan mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan. Dalam fase ini, sekitar dua persen pasien yang meninggal dunia.

Hari ke-17

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama 2,5 minggu, pasien dengan kondisi membaik akan sembuh dan boleh dipulangkan ke rumah.

Semoga bermanfaat!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.