Beauty, rambut adalah sebuah mahkota bagi setiap perempuan. Pastinya kita akan berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan rambut. Tapi, salah satu masalah utama pada rambut yang sering dihadapi oleh perempuan adalah rambut rontok. Ketika mengalami rambut rontok, kita jadi sangat khawatir akan munculnya kebotakan atau rambut yang tampak tipis.

Tak hanya faktor eksternal seperti penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak cocok yang bisa sebabkan rambut mudah rontok , namun ternyata ada kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari yang juga dapat memicu kerontokan rambut. Kira-kira apa aja sih, yang membuat rambut kita rontok karena kebiasaan sehari-hari? Beauty, penasaran gak? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Rambut Rontok Saat Musim Dingin? Tenang! Begini Cara Mengatasinya

Mengikat rambut terlalu erat

Beauty, untuk kamu yang memiliki rambut panjang, mengikat rambut bisa jadi cara yang praktis agar aktivitas tidak terhambat. Namun, Beauty tau enggak sih jika mengikat rambut bisa jadi penyebab rambut rontok? Ya, pengikatan rambut yang terlalu kencang bisa memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut yang bisa menyebabkan kerontokan.

Terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer

Biasanya, agar tidak memakan waktu lama, kita mengandalkan penggunaan pengering rambut atau hair dryer untuk mengeringkan rambut. Padahal jenis perawatan rambut yang satu ini bisa jadi sumber kerusakan rambut paling parah. Mulai dari rambut kering, bercabang, hingga rontok.

Oleh karena itu, batasi penggunaannya sehari-hari dan jangan lupa menggunakan vitamin atau serum rambut sebelum atau setelah mengeringkannya agar rambut tetap kuat dan nutrisinya terjaga.

Baca Juga: Ini Lho, Tips Memilih Pensil Alis Sesuai Warna Rambut

Menyisir saat rambut basah

Nah Beauty, pasti hal ini juga merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan. Demi mendapatkan rambut yang tidak kusut, banyak orang langsung menyisir rambutnya sesaat setelah keramas. Padahal kebiasaan yang satu ini tidak baik bagi kesehatan rambut. Coba tunggu beberapa saat hingga rambut kamu paling tidak setengah kering, baru gunakan sisir.

Stres

Baca Juga: Dikenal Berkhasiat, Ini 3 Manfaat Lemon untuk Rambut

Ternyata stres yang kita alami juga bisa menjadi penyebab utama rambut rontok, lho. Stres itu tidak hanya dari pikiran saja, tapi stres dari luar yang mempengaruhi kekuatan rambut.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.