Saat mewabahnya virus corona, pemerintah mengimbau untuk bekerja dan belajar dari rumah. Pemerintah juga sudah meliburkan sekolah-sekolah di Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona. Di rumah anak-anak harus belajar sama seperti di sekolah, tapi kali ini orang tua juga ikut menjadi guru di rumah.

Setelah belajar, untuk menghilangi rasa bosan pada anak, kamu bisa mengajak anak bercerita atau mengobrol santai. Mungkin kamu kebingungan harus mengobrol apa dengan si kecil. Tenang, kamu bisa ajak si kecil mengobrol dengan topik-topik di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

Baca Juga: Jangan Biarkan Anak Cemas dengan Virus Corona! Ini 5 Cara yang Tepat untuk Menjelaskan Pada Anak

Bicarakan soal berita terkini

Anak-anak pasti mendapatkan informasi dari teman, guru, atau saat menonton televisi. Jika anak bertanya mengenai berita-berita terkini, seperti virus corona pertahankan percakapan tersebut. Tanyakan apa yang mereka ketahui tentang berita tersebut dan apa yang mereka rasakan saat ini. Kamu harus meyakinkan anak agar mereka enggak cemas dan selalu merasa aman.

Bicarakan soal makanan

Obrolan tentang makanan akan menjadi sangat menarik. Kamu bisa bertanya hari ini mau makan apa, ingin camilan apa, ingin minum jus apa, dan masih banyak lagi. Nah, kamu juga bisa ajak anak untuk masak bersama makanan yang mereka sukai.

Baca Juga: Penting! Simak 4 Cara Memilih Vitamin yang Tepat untuk Anak

Menyusun rencana

Kamu bisa ajak si kecil untuk menyusun rencana kegiatan hari ini atau hari esok. Misalnya, bangun pagi hari pukul berapa, sarapan dengan apa, mulai belajar pukul berapa, ingin makan siang dengan apa, dan lain-lain. Kamu bisa rencanakan kegiatan sampai malam hari agar si kecil enggak bosan.

Bicarakan tentang perasaan anak

Penting sekali untuk membiasakan anak berbicara tentang apa yang dia rasakan. Hal ini akan membantu anak untuk berbicara jujur tentang perasaannya. Ia juga jadi bisa memahami apa yang dirasakannya.

Bicarakan soal teman-temannya

Nah, teman-temannya juga bisa menjadi topik pembicaraan kamu dengan si kecil. Pasti dia punya banyak cerita dengan teman-temannya dan kamu juga jadi bisa mengetahui sifat teman-temannya. Tanya saja siapa teman terdekatnya dan dia senang bermain apa dengan temannya, dan lainnya.

Nah, semoga kamu enggak kehabisan topik pembicaraan ya dengan si kecil!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.