Bicara tentang nutrisi, seringkali diidentikan dengan menjaga pola makan sehat. Bahkan, sekarang sudah banyak aplikasi yang membantu kita untuk mengetahui nutrisi apa saja dan berapa banyak nutrisi yang terkandung dalam suatu makanan.

Selain menghitung nutrisi yang masuk ke tubuh, sebenarnya ada hal lain yang harus diperhatikan, yaitu aturan dasar tentang nutrisi. Aturan dasar ini tentang nutrisi yang harus diketahui dan bisa diterapkan oleh semua orang. Dilansir dari berbagai sumber, (15/02/2021) berikut adalah beberapa aturan tersebut.

1. Tinggalkan sirup jagung tinggi fruktosa

Sirup jagung yang tinggi fruktosa adalah salah satu pengganti gula yang digunakan dalam banyak makanan. Sirup jagung tinggi fruktosa dan gula sama-sama bisa memicu obesitas karena mereka bisa merangsang bagian otak yang menyebabkan kecanduan.

Penelitian pada tahun 1970 mengungkap bahwa pemanis dengan sirup jagung tinggi fruktosa memang lebih murah dari gula dan banyak digunakan. Namun penelitian tahun 2010 juga mengungkap bahwa makanan ini bisa meningkatkan risiko obesitas hingga 300 persen.

2. Penuhi kebutuhan serat

Baca Juga: Moms Ingin Terlihat Awet Muda? Ini Dia Resepnya!