Menu

Makanan yang Boleh Dimakan Ibu Hamil Saat GERD Kambuh, Apa Aja Sih?

31 Juli 2023 10:10 WIB
Makanan yang Boleh Dimakan Ibu Hamil Saat GERD Kambuh, Apa Aja Sih?

Ilustrasi ibu hamil sedang makan buah pisang. (Freepik/hryshchyshen)

HerStory, Jakarta —

Moms, selama kehamilan penting bagi para ibu memerhatikan asupan yang akan dikonsumsi agar calon buah hati sehat selama dalam kandungan. Karenanya, ibu hamil dianjurkan untuk makan secara teratur dan memenuhi kebutuhan protein, buah dan sayuran yang seimbang.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Bekasi, dr. Finna Hardjono, Sp.OG, ada beberapa makanan yang dapat meredakan GERD untuk ibu hamil, antara lain:

1. Jahe

Manfaat jahe untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Ya, ini karena jahe memiliki sifat anti inflamasi ini dapat mampu redakan gejala GERD serta mengatasi mual di saat pagi hari.

2. Buah pisang

Makanlah buah pisang sebagai sarapan atau selingan sebelum makan berat, ini dilakukan karena pisang merupakan sumber potasium yang dinilai dapat menetralisir kadar asam lambung.

3. Sayuran daun hijau

Saat trimester ke-2 dan ke-3, mual di pagi hari umumnya sudah mereda, tetapi nafsu makan akan meningkat. Moms, disarankan untuk banyak konsumsi sayuran daun hijau.

Sayuran ini banyak nutrisi serat dan bersifat basa yang tidak menyebabkan GERD, sayuran daun hijau ini seperti kangkung, bayam atau seledri.

Baca Juga: Tiati Beauty, Ini Deretan Faktor yang Bisa Menyebabkan GERD, Salah Satunya Anxiety!

Baca Juga: Tiati yang Suka Nyeri Perut Setelah Makan, Bisa Jadi Tanda GERD Beauty, Yuk Simak Cara Mengatasinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan