Pasti diantara kalian ada yang memgantuk setelah makan? Eits jangan tidur dulu ya Beauty! Banyak bahaya atau dampak buruk jika kamu langsung tidur.

Efek kantuk ditimbulkan setelah makan terjadi karena makanan yang kamu konsumsi langsung dicerna oleh lambung dan usus. Ketika proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah makan.

Tetapi gak semua jenis makanan loh bisa menimbulkan efek kantuk setslahnya. Biasanya rasa kantuk yang ditimbulkan setelah makanan dikarenakan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan karbohidrat seperti nasi.

Walaupun mengantuk, tapi kamu gak boleh langsung tidur loh. Hal ini dapar menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Kamu harus memberi jeda antara waktu makan dan tidur.

Alangkah baiknya, kamu bisa tidur setelah 1 - 2 jam makan. Selain itu, kamu pun gak boleh mengonsumsi makanan berat ketika kelaparan di malam hari. Kamu bisa mengonsumsi buah sebagai alternatifnya.

Dilansir dari berbagai sumber (22/02/2021), berikut bahaya yang ditimbulkan ketika kamu langsung tidur setelah makan.

Baca Juga: 4 Aktivitas Ini Gak Boleh Dilakukan Setelah Makan Malam, Kamu Pernah Melakukannya?