Beauty, kamu tahu enggak sih? Informasi yang baru-baru ini sedang viral dibacarakan di berbagai media sosial. Yap! informasi tersebut adalah terdapat anak bayi baru lahir yang bisa berbicara dan mengatakan kalau terus rebus bisa mengobati virus corona. Di tengah pandemi virus corona, memang begitu banyak informasi simpang siur di media sosial yang belum dipastikan kebenarannya. 

Informasi tersebut diketahui berawal dari platfrom Facebook dan aplikasi pesan Whatsapp mengatakan ada seorang bayi yang baru lahir langsung berbicara. Bayi tersebut mengatakan warga harus makan telur rebus untuk melawan virus corona. Kabar ini beredar cepat di berbagai wilayah di Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga: Belum Selesai dengan Wabah Virus Corona! Kini Muncul Hantavirus, Bahaya Enggak Ya?

Baca Juga: Minum Susu Kunyit Bisa Tangkal Virus Corona? Ternyata Ini Lho, Manfaatnya!

Baca Juga: Katanya Minum Susu Kunyit Bisa Tangkal Virus Corona? Ini Dia Resepnya!

Daerah pertama munculnya kabar bayi lahir bisa bicara dan telur rebus ini adalah Bolaang Mongondow Utara pada Rabu malam (25/03/2020). Kabar ini beredar cepat di Facebook dan grup percakapan. Bahkan ada beberapa masjid di daerah tersebut mengumumkan untuk memakan telur rebus untuk mencegah korona.

Kabar yang sama juga beredar di Kabupaten Kepulauan Talaud. Narasinya, bayi tersebut lahir di desa Pantuge, Talaud. Bahkan disebutkan telur rebus harus dimakan sebelum pukul 24.00 sehingga sempat muncul antrean membeli telur.

Enggak kalah heboh di Facebook dan WhatsApp, ternyata warga Twitter kerap juga membicarakan informasi hoax ini yang sedang viral.

Kabar ini menjadi salah satu hoaks yang belakangan beredar terkait pandemi virus korona baru COVID-19. Saat ini cara mencegah tertular COVID-19 yang paling baik adalah dengan menjaga jarak fisik dan mengurangi aktivitas di luar rumah, serta mencuci tangan menggunakan sabun. Sementara itu cara meningkatkan imunitas tubuh paling baik adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang, istirahat yang cukup, dan mengendalikan stress.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.